Tangerang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Indonesia E-Commerce Summit and Expo (IESE) 2016 dan menyampaikan sejumlah pesan untuk industri e-commerce Indonesia.

"Bagaimana mengejar, mempercepat, supaya ketertinggalan kita tidak jauh. Saya harap nanti e-commerce ini bisa membantu petani, nelayan, dan UMKM di daerah," katanya di Indonesia Convention Exhibiton, Tangerang, Rabu.

Presiden Jokowi mengatakan bisnis online asal Tiongkok, Alibaba, mulai merambah Indonesia, sehingga pemerintah harus siap membuka peluang kerjasama asing untuk meningkatkan bisnis e-commerce.

"Memang kita yang sudah berjalan banyak, ada Tokopedia, GoJek, Blibli, Traveloka. Tapi minggu kemarin saya dengar Alibaba sudah masuk dan ini menjadi peringatan buat kita semua," katanya.

Presiden berpesan, masuknya Alibaba harus menjadi cambuk bagi pelaku e-commerce Indonesia. Persaingan di dunia usaha digital akan semakin berat namun Presiden optimistis para pengusaha Indonesia sanggup menghadapinya.

"Dunia persaingan dan kompetisi memang kejam tapi itu tantangan yang harus dihadapi," ujarnya.

IESE merupakan forum pertemuan yang menghadirkan pembicara nasional dan internasional dari beragam jenis E-commerce seperti online retail, marketplace, classified, daily deals dan payment service.

Terdapat juga 200 stan E-commerce dan 100 stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang meramaikan pameran industri kreatif digital ini.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016