Produk yang harganya relatif tinggi perlu diambil langkah-langkah yang agak khusus menjelang Puasa dan Lebaran,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan harga kebutuhan pangan menjelang Ramadhan pada Juni 2016 harus dikendalikan agar tidak menyumbang inflasi tinggi.

"Produk yang harganya relatif tinggi perlu diambil langkah-langkah yang agak khusus menjelang Puasa dan Lebaran," kata Darmin di Jakarta, Rabu.

Darmin memastikan hingga saat ini masih ada beberapa komoditas pangan yang menjadi perhatian pemerintah karena harganya selalu melambung tinggi pada Ramadhan.

Beberapa bahan makanan yang menjadi pantauan pemerintah antara lain bawang merah, cabai merah, cabai rawit, bawang putih, daging sapi dan beras.

"Barangnya itu sebetulnya produk yang dari dulu suka menjadi persoalan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Itu belum selesai juga. Presiden menekankan supaya harganya tidak naik," ujar mantan Gubernur Bank Indonesia ini.

Oleh karena itu, Darmin telah meminta kementerian perdagangan maupun pertanian serta Bulog dan beberapa BUMN untuk menyiagakan pasokan pangan dalam beberapa bulan mendatang.

Dalam jangka panjang, Darmin menyakini masalah ini akan selesai apalagi pemerintah telah meluncurkan program sinergi aksi di Brebes yang tujuannya menstabilkan harga bawang merah dan menyejahterakan para petani.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016