Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto mengimbau buruh menyampaikan orasi secara singkat saat memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta pada Minggu (1/5).

"Nanti buruh akan berorasi di depan Istana Kepresidenan, namun tidak lama di sana," kata Moechgiyarto di Jakarta, Rabu.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan para pimpinan organisasi buruh untuk kesepakatan tidak rusuh saat memperingati Hari Buruh Sedunia itu.

Moechgiyarto mengatakan, para buruh akan beranjak menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI), kemudian melanjutkan perjalanan ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta Pusat.

Para buruh akan disajikan hiburan musik dengan menghadirkan Grup Band "Gigi" di salah satu stadion sepak bola terbesar di kawasan Asia tersebut.

Namun, kepolisian maupun pimpinan buruh masih membicarakan persoalan imbauan larangan massa untuk "long march" menuju SUGBK.

Kepolisian menilai kegiatan "long march" buruh akan berimbas dan menimbulkan kepadatan di jalan saat diberlakukan bebas berkendaraan (Car Free Day).

Berdasarkan hasil koordinasi, jumlah buruh yang akan memperingati May Day di Jakarta dan sekitar mencapai 90.000 orang.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016