Jakarta (ANTARA News) - Situs berbelanja Lazada Indonesia, bagian dari Lazada Group, mengumumkan kerja samanya dengan PT Pos Indonesia untuk mempermudah proses pengembalian barang bagi konsumen Lazada Indonesia.

"Bagi Lazada, kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap belanja online menjadi prioritas utama," kata co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm, dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA News, Rabu.

"Hal ini meliputi memberikan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan pengembalian barang, apabila barang yang mereka terima tidak sesuai atau mengalami kerusakan. Untuk itu, kami bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk memudahkan konsumen dalam mengembalikan barang,” sambung dia.

Pelanggan Lazada Indonesia mulai hari ini dapat melakukan pengembalian barang secara gratis melalui Kantor Pos yang tersebar di lebih dari 4.000 titik di seluruh Indonesia. Lazada Indonesia telah mengintegrasikan sistemnya dengan PT Pos Indonesia untuk melacak status barang yang dikembalikan oleh konsumen melalui Kantor Pos.

"PT Pos Indonesia memiliki cabang yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia, sehingga konsumen dapat mencari lokasi Kantor Pos terdekat untuk melakukan pengembalian barang," ujar Florian.

Lazada Indonesia menghadirkan kebijakan perlindungan konsumen yang meliputi pengembalian produk, pengembalian dana dan penggantian produk. Kebijakan tersebut dihadirkan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap belanja online.

"Hingga saat ini, logistik masih menjadi isu utama yang dihadapi oleh para pelaku e-commerce di tanah air. Untuk itu, PT Pos Indonesia hadir sebagai salah satu solusi yang menjawab tantangan tersebut," kata VP Komunikasi Korporat PT Pos Indonesia (Persero), Bambang Dwi Purwanto.

"Kerja sama antara Pos Indonesia dengan Lazada Indonesia ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi keseluruhan pasar e-commerce di tanah air," tambah dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016