Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama TNI melakukan aksi pengecatan seluruh tiang telepon milik perusahaan itu dengan warna Merah Putih serentak diseluruh Indonesia.

"Progam yang diberi nama Tiang Kami Pelanggan Kami ini, selain untuk pemeliharaan aset infrastruktur juga untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya tiang telepon bagi masyarakat dan lingkungan," kata Deputy EVP Telkom Regional2 Edwin Aristiawan, dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Edwin, tiang telepon merupakan aset Telkom milik bangsa Indonesia sangat penting dipelihara dalam rangka memberikan layanan telekomunikasi yang prima kepada masyarakat di sekitarnya.

"Tiang telepon digunakan sebagai titik menggelar jaringan kabel yang dimiliki Telkom untuk layanan telekomunikasi suara maupun data," tegas Edwin.

Ia menjelaskan, aksi simpatik ini dilakukan di perumahan-perumahan sehingga timbul keinginan masyarakat untuk lebih aktif berpartisipasi dalam menjaga dan merawat tiang telepon tersebut.

Dikatakannya, saat ini Telkom sedang mengembangkan IndiHome, layanan bundling "triple play" (telepon, internet, dan TV kabel) yang dapat memenuhi tuntutan pelanggan akses internet dengan kecepatan tinggi di atas 10 Mbps.

Selain pengecatan tiang telepon, dalam aksi simpatik "Tiang Kami Pelanggan Kami" Telkom dan TNI juga menggelar pemeriksaan kesehatan dan perbaikan sarana umum.

"Kegiatan ini diharapkan juga dapat dilakukan secara berkesinambungan dengan melibatkan berbagai pihak agar bersama-sama menyelamatkan aset BUMN berarti menyelamatkan aset negara," katanya.

Beberapa minggu terakhir ini Telkom melakukan penertiban terhadap kabel-kabel liar yang beredar di sekitar 700.000 tiang telepon miliknya.

Tim Telkom pun tak segan-segan menurunkan kabel atau spanduk yang dianggap berpotensi bisa menganggu layanan ke pelanggannya.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016