Solo (ANTARA News) - Manajemen PT Persis Solo Saestu (PSS) meluncurkan tim yang akan mengikuti turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) Seri B 2016, di Stadion Sriwedari Solo, Kamis petang.

Acara peluncuran Tim Persis Solo tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo yang didampingi oleh Direktur Utama PT Sah Daya Properti Nusantara, Eddi Junaidi selaku perwakilan dari perusahaan investor, dan Direktur Bisnis PT PSS her Prabu, dan sebanyak 23 pemainnya.

Pada acara tersbeut juga diperkenalkan sebanyak 23 pemain yang memperkuat Persis Solo pada turnamen ISC Seri B tahun ini, yakni Bayu Andra (kapten tim), Afif Bayu (kiper), M. Ihsan (kiper), Lian Candra (kiper), dan Aji Saka (kiper).

Pemain bek Persis yakni Akbar Riansyah, Fernando Pangajow, Rahmad Sabani, Qoirun Sandy, Risman Maidullah, Tri Rahmad Priadi, Taji Prashetio, pemain gelandang Andrid Wibowo, Dedi Cahyono, Agung Wowot, Tinton Suharto, Windu Wibowo, Bayu Nungroho, pemain depan Yanuar Ruspuspito, Gienini Lestaluhu, Andri Gepeng, dan Robi Fajar.

Persis yang dilatih oleh Pelatih Kepala Widyantoro, asisten pelatih Agung Setyabudi, Asisten pelatih kiper I komang Putra, dan asisten pelatih fisik, Pipit tersebut mengawali pertandingan perdana ISC Seri B melawan PSGC Ciamis di Stadion Manahan Solo, Sabtu (30/4).

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dalam kesempatan tersebut mengatakan sepak bola tanpa dana yang memadahi tidak bakalan maju. Persis sekarang melakukan kerja sama dengan investor PT Sah Dana Properti Nusantara ini, dengan tema "darah baru dan semangat baru".

Rudyatmo berharap dengan perusahaan yang bersedia membiayai untuk membesarkan Persis tersebut masyarakat harus memberikan mendukung penuh demi kemajuan sepak bola di Solo.

"Kami berharap suporter Pasoepati akan memberikan dukungan penuh agar cita-cita Persis bisa masuk ISL pada 2018 mendatang," katanya.

Menurut Rudyatmo pihaknya sudah berpesan kepada para petinggi PSSI, jika selama sepak bola dapat dimenit baik, tidak ada pengaturan skor, tidak ada suap, maka revolusi mental akan berjalan melalui sepak bola.

Direktur Utama PT Sah Dana Properti Nusantara Eddi Junaidi mengatakan dukungan kepada sepak bola nasional termasuk Persis Solo ini, salah satu imbauan oleh Bapak Presiden Joko Widodo yang mengajak Panglima TNI untuk membantu sepak bola nasional.

"Kami mewakili Bapak Sigit Aryo Wibisono pemilik PT Sah Dana Propeti Nusantara untuk mendukung bergulirnya kompetisi sepak bola nasional. Hal ini, karena bagian dari bencana nasional karena semua klub terpuruk," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama Persis Solo yang terpenting reguler berjalan terlebih dahulu. Pihaknya berharap Persis bisa bangkit dan memiliki targetnya bisa lolos menjadi juara ISC hingga 2017, dan masuk ISL 2018 mendatang.

"Persis berharap 2017 bisa menjuarai ISC Seri B dahulu, dan target masuk ISL pada 2018," katanya.

Menyinggung soal dana yang disediakan untuk Persis mengikuti ISC Seti B, Junaidi mengatakan sefiatnya relatif sesuai kebutuhan. Namun, pihaknya akan mendukung Persis dengan menyiapkan anggaran sekitar Rp5 hingga Rp10 miliar pada awal kompetisi ISC Seri B tahun ini.

"Kami tahu apapun kebaikan sepak bola harus menuju industri sepak bola, sehingga dukungan sponsor akan terus berdatangan sehingga tim ke depan bisa mandiri," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016