Cilacap (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono menyatakan pihaknya siap mengamankan pelaksanaan eksekusi terpidana mati di Pulau Nusakambangan, Cilacap.

"Saya sebagai orang baru, kalau ada aba-aba harus eksekusi, saya harus sudah pantau dan sudah tahu wilayah," katanya usai mengecek persiapan dan pengamanan ekeskusi terpidana mati di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Kamis sore.

Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri itu mengaku baru pertama kali mendatangi Nusakambangan setelah satu minggu dilantik menjadi Kapolda Jateng menggantikan Irjen Pol Nur Ali yang kini menjabat Kepala Bagian Intelijen dan Keamanan Mabes Polri.

Pihaknya mengecek persiapan di semua lokasi termasuk tempat pelaksanaan eksekusi mati tahap pertama dan kedua yang dilaksanakan pada tahun 2015.

"Lokasi eksekusi tetap seperti yang kemarin (tahap pertama dan kedua, red.)," katanya.

Lebih lanjut, da mengatakan Kepolisian Republik Indonesia selalu siap kapanpun eksekusi terpidana mati itu akan dilaksanakan.

"Saya melakukan orientasi wilayah saja termasuk juga ke lapas (lembaga pemasyarakatan), kemudian ngecek anggota yang pengamanan di lapas. Kalau persiapan waktu dan sebagainya, kami menunggu dari Jaksa Agung, intinya Polri kapan saja siap," katanya menegaskan.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016