KB mendidik dan mengarahkan masyarakat untuk memiliki perencanaan dalam keluarga, perencanaan usia ideal perkawinan bagi remaja, jarak ideal melahirkan, jumlah anak hingga pada perencanaan pendidikan, kesehatan dan ekonomi bagi keluarga,"
Jakarta (ANTARA News) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan bahwa program KB diharapkan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga bisa memutus mata rantai kemiskinan.

"KB mendidik dan mengarahkan masyarakat untuk memiliki perencanaan dalam keluarga, perencanaan usia ideal perkawinan bagi remaja, jarak ideal melahirkan, jumlah anak hingga pada perencanaan pendidikan, kesehatan dan ekonomi bagi keluarga," kata Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty melalui siaran pers, di Jakarta, Kamis.

Surya menambahkan, KB merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan dengan cara mengatur perkawinan, reproduksi, jarak kelahiran dan jumlah anak ideal.

Pernyataan terrsebut disampaikan terkait Pencanangan Kampung KB di Desa Sungai Rengit Murni, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Di Sumatera Selatan sendiri pencanangan Kampung KB telah dilaksanakan di 14 Kabupaten/Kota dari total 17 Kabupaten/Kota.

Kampung KB merupakan salah satu bentuk miniatur pelaksanaan total program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang di lingkungan BKKBN.

Selain itu, bersinergi dengan Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, mitra kerja serta instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah.

"Kampung KB didesain menjadi model pembangunan terpadu berwawasan kependudukan di level mikro," katanya.

Sementara itu, Kampung KB dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada medio Januari 2016 di Cirebon.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016