Medan (ANTARA News) - Tim bola basket Filipina akhirnya tampil sebagai juara pertama Southeast Asia Basketball (SEABA) Championship for Men U-18 seusai mengalahkan Thailand dengan skor 86-49 di GOR Angkasa Lanud Medan, Kamis malam.

Filipina yang di awal laga menurunkan Glan Robert, Yu Fran Loule, Mendoza Jose Lorenzo Tibayan, Jhon Bryle sebagai starting five langsung menggebrak dengan permainan cepat. Namun Thailand ternyata juga tidak mau kalah dan juga menerapkan permainan cepat.

Ditambah lagi pemain-pemain Thailand mampu bermain dengan "cerdik" sehingga sedikit menyulitkan pemain-pemain Filipina mengembangkan permainan. Alhasil di kuarter pertama ini Thailand unggul 19-17.

Di kuarter kedua, Filipina mulai menemukan pola permainan dan langsung mengejar perolehan poin bahkan terus melaju dan menutup dengan skor kedudukan 48-32.

Seolah tidak mau memberi angin lagi bagi lawan, pemain-pemain Filipina di kuarter ketiga terus "mengganas" dan memimpin 73-39 dan dikuarter keempat sekaligus kuartal penentu anak-anak asuh Michael Oliver itu menutup laga dengan kedudukan 86-49.

Filipina dan Thailand selaku pemenang pertama dan kedua SEABA Championship for Men U-18 berhak mendapatkan tiket untuk mengikuti kejuaraan tingkat Asia di Iran, Oktober 2016.

Sementara satu tiket ke Piala Asia sebelumnya sudah diraih Indonesia yang di babak play off berhasil mengalahkan Malaysia 67-57.

Pewarta: Juraidi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016