Barcelona (ANTARA News) - Ahli gizi Lionel Messi mengungkap rahasia diet yang dilakoni oleh bintang sepak bola Barcelona itu.  Sejak Piala Dunia 2014 di Brasil, Dr Giuliano Poser telah menangani salah satu pesepak bola terbesar dunia itu.

Poser membuat Messi mampu menurunkan berat badan sampai tiga kilogram, sebagaimana dikutip dari laman Worldsoccer.

Dr Poser secara rutin memberi resep diet bagi Messi kepada manajemen Barcelona, sebagaima ditulis oleh surat kabar Munco Deportivo.

Menurut dia, pemain berusia 28 tahun itu harus menjauhi segala asupan makanan dan minuman yang manis, roti dan pasta agar tetap dapat menjaga kondisi fisik tetap bugar.

"Gula. Berdampak buruk bagi perkembangan dan kekuatan otot," kata ahli gizi itu kepada Mundo. "Lebih baik sedikit mengonsumsi gula."

"Tepung yang diolah juga dapat menjadi masalah besar. Ini karena sekarang sangat sulit menemukan makan sehat yang terbuat dari tepung, dengan biji gandum (yang bebas polusi)."

Poser dikenal teramat membatasi para pemain dalam mengonsumsi daging. Ia menganjurkan kepada para pemain sepak bola kelas dunia "untuk sedikit saja memakan daging. Padahal para pemain Argentina dan Uruguay umumnya memakan daging."

Garam, dalam jumlah kecil, dinilai baik karena "memang diperlukan bagi otot dan tubuh." Mundo menyebut bahwa tubuh Messi kini lebih berisi dan berotot setelah tampil di Piala Dunia 2014.

Messi telah membukukan 98 gol dalam 102 laga membela Barcelona.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016