Bandung (ANTARA News) - Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat menargetkan pengecoran di sepanjang satu kilometer bagian Jalan Rancaekek di Kabupaten Bandung selesai sebelum masa mudik Lebaran tahun ini.

"Pengecoran ini dilakukan di titik yang biasa terjadi banjir. Dibetonnya cuma sisi-sisinya, tepatnya di sekitar pabrik PT Kahatex," kata Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M Guntoro di Bandung, Jumat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Dinas Bina Marga Jawa Barat, ia menjelaskan, memperbaiki jalan itu supaya para pemudik nyaman melaluinya saat pulang ke kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga.

Ia menjelaskan pula bahwa mulai hari ini Dinas Bina Marga bersama kepolisian akan memeriksa kondisi jalur mudik di wilayah Jawa Barat, salah satunya di kawasan Rancaekek.

Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Barat Kombes Pol Sugihardi mengatakan kepolisian akan menyiapkan pompa penyedot air untuk mengantisipasi kemungkinan banjir di kawasan Rancaekek saat arus mudik dan balik Lebaran 2016.

"Personel tentunya kita siaga di situ nanti. Kalau pasar tumpah di Rancaekek itu sudah kita antisipasi, tapi kalau nanti saat musim hujan tiba kita siapkan pompa air sebagai upaya antisipasi banjir di sana," kata Sugihardi.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016