Solo (ANTARA News) - Sebanyak 240 penembak akan mengikuti kejuaraan menembak terbuka International Practical Shooting Confederation (IPSC) Level II Danjen Kopassus Cup 2016, di lapangan tembak Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Surakarta, pada Sabtu (30/4).

Sekretaris panitia penyelenggara Munawir, di Solo, Jumat, mengatakan, dari 240 atlet menembak tersebut, sebanyak 150 peserta akan turun di nomor tembak reaksi, dan 90 peserta tembak reaksi air soft.

Menurut Munawir kejuaraan menembak terbuka IPSC II Danjen Kopassus Cup 2016 digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-64 Kopassus yang menjadi agenda tahunan.

Ia mengatakan, Komandan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Surakarta bekerja sama dengan Pengurus Provinsi Perbakin Jawa Tengah, Kiky Shooting Club (KSC), dan Solo Speed Shooter dalam ajang tersebut.

Nomor yang akan dilombakan untuk tembak reaksi IPSC, yakni divisi open yang memperebutkan Piala Bergilir Danjen Kopassus, divisi standard memperebutkan Piala Bergilir Wadanjen Kopassus, divisi production memperebutkan Piala Bergilir Kiky Shooting Club, dan divisi revolver memperebutkan Piala Bergilir Wadan Grup 2 Kopassus.

Lomba Tembak Reaksi khusus anggota TNI, POLRI, dan sipil, kata dia, sebanyak empat stage, nomor divisi pistol dan revolver.

Pada kejuaraan tersebut, kata dia, juga dilombakan tembak pistol eksekutif untuk perwira tinggi dan perwira menengah, dan tamu undangan VIP dengan menggunakan tiga senjata yakni Mp5, shot gun, dan pistol standard.

Ia mengatakan lomba rembak reaksi airsoft, delapan stage akan memperlombakan nomor divisi pistol open grade, un-grade, divisi pistol standard grade, un-grade, ladies, eksebisi atau pemula, dan divisi rifle grade, un-grade.

Ia menjelaskan, para peserta yang dipastikan hadir dalam lomba tersebut antara lain Bambang Trihatmodjo, Sony Prabowo, Paul Banuara, Zaenal Arif, Vincent Djayadiningrat, dan Yoseph Leonardy.

Selain itu, atlet penembak Agus S.P., Yudi Gombel (Paskhas AU), Tri Susanto (Mabes AU), Frans Paul (Marinir), M Ridho, Edwin (Kopassus Satuan 81 Gultor), Sudarno, Agus Muryono, Charles, Sunarto (Paspampres Jakarta) juga ikut serta.

Peserta dari tuan rumah Kopassus Group 2 Surakarta akan menurunkan atlet antara lain Sanwi, sedangkan Kiky Shooting Club Solo akan menurunkan Roy Haryanto dan Sinyo Haryanto.

"Sinyo Haryanto ini, merupakan bapak dari pembalab Fomula 1 asal Solo, Rio Haryanto," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016