Bandung (ANTARA News) - Persib Bandung dan Sriwijaya FC dipastikan saling bantai pada laga perdananya pada Kompetisi Indonesian Soccer Championships 2016 yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu (29/4).

"Laga pertama Persib cukup berat karena berhadapan dengan Sriwijaya yang merupakan tim tangguh dan komplit dengan materi pemain yang berlevel. Kita harus berhati-hati dan disiplin," kata Pelatih Persib Bandung Antonic Dejan di Bandung, Jumat.

Ia menyebutkan Persib telah sering bertemu dengan tim Sriwijaya FC dimana di Piala Bhayangkara timnya unggul 2-0. Namun hal itu menurut dia bukan jaminan karena dengan materi yang ada saat ini Sriwijaya dipastikan telah melakukan persiapan dan pembenahan.

Hasil akhir bukan menjadi jaminanan bagi tim untuk otomatis mengukir kewmenangan berikutnya. Justeru dengan sering berlaga setiap tim sudah saling kenal dan evaluasi kekuatan.

"Karena sering bertemu, kita kerap saling kenal dan saling evaluasi kekuatan lawan. Kita sudah bertemu dan tahu kualitas masing-masing," kata Dejan.

Pelatih asal Serbia itu menyebutkan timnya sudah siap, namun salah seorang pemainnya Rahmat Hidayat belum pulih seratus persen.

Menurut Dejan para pemainnya diinstruksikan untuk tampil tidak emosional, disiplin dan lebih sabar. Pasalnya lawan yang dihadapi memiliki kualitas yang baik.

"Yang harus diperhatikan pemain agar tidak terpancing bermain untuk cepat-cepat menyelesaikan pertandingan. Harus sabar dan memegang kontrol permainan," katanya.

Ia menyebutkan timnya telah menyelesaikan beberapa uji tanding dan trennya cukup bagus.

Lebih lanjut ia menyebutkan tim Sriwijaya 2016 tahun ini lebih kuat dan lebih siap dibandingkan musim-musim sebelumnya.

"Saya kita Sriwijaya musim ini lebih baik dibanding tim-tim sebelumnya," kata Antonic Dejan.

Senada dengan Dejan Pelatih Sriwijaya FC Widodo C Putro juga mengakui laga perdana timnya cukup berat dan menuntut konsentrasi penuh untuk tidak kehilangan point pada laga perdana di Bandung.

"Ini pertandingan cukup berat, dan kami harus fokus karena tidak ingin kehilangan angka di laga pembuka," kata Widodo.

Pelatih asal Jatim yang menggantikan Benny Dollo itu menyatakan timnya cukup beruntung karena akan turun dengan kekuatan penuh. Di sisi lain ia akan memaksimalkan para pemainnya yang memiliki mobilitas permainan cepat dan bertempo tinggi.

Meski demikian ia menyatakan setiap tim mamiliki peluang untuk meraih kemenangan dan ia akan memaksimalkan potensi yang ada.

"Peluang tim fifty-fifty, namun kami tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk mengambil poin. Kita tahu Persib tim bagus dan sejak awal sudah menjadi perhatian kami," kata Widodo C Putro.

Ia berharap para pemainnya diharaplan bisa tampil ekplosif dan bersinergi untuk meredam permainan agresif Persib Bandung.

Sementara itu bek Persib Yanto Basna menyatakan siap turun optimal pada laga perdananya di ajang ISC. Ia mengaku telah mempersiaplan diri untuk pertandingan melawan Sriwijaya FC.

"Saya berharap bisa mengawali pertandingan dengan baik. Kami tahu kekuatan Sriwijaya namun kami juga sadar kami tim yang komplit," kata Yanto Basna.

Laga Persib melawan Sriwijaya FC akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung pada Sabtu (29/4) mulai pukul 19.00 WIB.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016