Palangka Raya (ANTARA News) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Norma Hikmah mengatakan bahwa Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama sederajat di wilayah itu akan diikuti 4.419 siswa.

"Jumlah siswa yang mengikuti ujian nasional tingkat SMP/MTS baik negeri ataupun swasta berjumlah 4.419 siswa," katanya saat ditemui di ruang kerjanya Jumat.

Dia mengatakan bahwa persiapan pelaksanaan UN yang digelar mulai 9 Mei mendatang, secara administrasi telah siap. Sementara untuk sisi mental dalam mengikuti UN, pihak sekolah juga telah membekali siswa dengan berbagai motivasi dan persiapan.

Salah satu persiapan tersebut, katanya, seperti penambahan jam pelajaran dan pelaksanaan "try out" atau uji coba pelaksanaan ujian.

Norma mengatakan pelaksanaan ujian di seluruh sekolah di wilayah "Kota Cantik" Palangka Raya tingkat SMP/MTS tersebut belum ada yang menggunakan sistem "computer basic test" (CBT).

Sementara itu, pada 2015 lalu, pelaksanaan ujian akhir nasional tingkat SMP sederajat di Ibu Kota Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" ini diikuti oleh 4.370 siswa.

Dia pun meminta siswa dapat mempersiapkan diri baik fisik maupun mental dalam melaksanakan ujian akhir tersebut.

"Untuk sementara fokus dulu pada persiapan ujian dan kurangi kegiatan yang tak ada kaitannya dengan materi UN. Orang tua juga harus mengarahkan putra-putrinya agar dalam pelaksanaan ujian, siswa tak kesulitan mengerjakan soal yang ada," katanya.

Dia pun berhadap agar dalam ujian kali ini, seluruh siswa mendapatkan hasil di atas nilai minimal yang dipatok pada angka 5,5 pada setiap mata pelajaran ujian.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016