Rangkaian kegiatan menyambut HJKS ini akan dimulai dengan Surabaya Shoping Festival pada hari minggu (1/5) di Spazio pukul tujuh malam. Seremoni akan dibuka oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini."
Surabaya (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menyiapkan serangkaian kegiatan seperti festival dan lomba untuk meramaikan peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-723 pada 2016 ini.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kota Surabaya Muhamad Fikser, di Surabaya, Jumat, menjelaskan rangkaian peringatan HJKS akan dimulai dari Surabaya Shoping Festival yang berjalan selama 30 hari, Festival kuliner, berbagai macam lomba, dan tentunya pawai bunga yang akan menampilkan budaya-budaya dari Nusantara.

"Rangkaian kegiatan menyambut HJKS ini akan dimulai dengan Surabaya Shoping Festival pada hari minggu (1/5) di Spazio pukul tujuh malam. Seremoni akan dibuka oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini," katanya.

Setelah pembukaan di Spazio pada Minggu (1/5), lanjut dia, pada Selasa (3/5) wali kota akan kembali membuka festival kuliner yakni Pasar Malam Tjap Tunjugan di Foodfest Pakuwon City.

Fikser menambahkan pada 18 Mei mendatang, akan dilaksanakan Surabaya Great Expo yang selalu dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk terbaru UMKM Kota Surabaya kepada masyarakat.

Selain itu, anjut dia, panitia HJKS ke-723 akan tetap menampilkan parade budaya dan pawai bunga pada Minggu 22 Mei yang dimulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di halaman Taman Surya.

"Berbagai macam lomba juga akan ditampilkan, seperti Drag bike motor lawas pada tanggal 7-8 Mei, Jambore Sepeda kuno di Tambak Sari pada 21-22 Mei," ujarnya.

Sedangkan yang paling dianti warga Surabaya, lanjut dia, adalah lomba Dayung Perahu Naga di Kalimas, yang memperebutkan piala Wali Kota Surabaya pada 21-22 Mei.

"Nantinya, perahu-perahu naga ini akan dihias dengan berbagai lampu yang berwarna-warni, dan menyusui Kalimas pada malam hari," ujarnya.

Menurut dia, seluruh kegiatan nantinya tidak hanya diadakan di pusat perbelanjaan, seperti Grand final pemilihan Cak dan Ning Surabaya akan dilaksanakan di Taman Jayengrono pada 27 Mei.

Festival kuliner tradisional seperti Festival Rujak Uleg akan kembali digelar di sepanjang Jalan Kepang Jepun pada 29 Mei, dan akan diikuti oleh seluruh pegawai Pemkot Surabaya, dan stakeholder yang turut berperan membangun Kota Pahlawan.

"Festival Surabaya Urban Culture akan mengangkat tema 90-an, dan dilaksanakan di sepanjang Jalan Tunjungan pada 29 Mei," ujarnya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016