May Day ini seharusnya menjadi ekspresi kegembiraan temen-temen buruh dan masyarakat pada umumnya, May Day itu liburan dan ``fun``, Ini menjadi sesuatu hal yang penting agar masyarakat umum juga tidak khawatir seolah-olah kalau ada May Day itu akan t
Serang (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri meminta masyarakat umum tidak perlu khawatir terjadi apa-apa saat pelaksanaan hari buruh atau "May Day" karena biasa dilaksanakan setiap tahun.

"May Day ini seharusnya menjadi ekspresi kegembiraan teman-teman buruh dan masyarakat pada umumnya, May Day itu liburan dan fun, Ini menjadi sesuatu hal yang penting agar masyarakat umum juga tidak khawatir seolah-olah kalau ada May Day itu akan terjadi apa-apa," kata Menaker Hanif Dhakiri yang juga Sekjen Pengurus Pusat Ikatan Alumni PMII di Serang, Jumat.

Ia mengatakan, berbagai persiapan dalam menghadapi hari buruh internasional sudah dilakukan dengan melakukan komunikasi dengan berbagai kalangan serikat buruh, pengusaha dan instansi terkait di pemerintahan, baik di pusat dan daerah.

Hanif Dhakiri mengajak kalangan buruh atau pekerja, untuk mengisi hari buruh internasional pada 1 Mei 2016 dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan produktif, agar May Day tidak lagi identik dengan demonstrasi semata.

"Bagaimana kita buat agar pada publik tidak perlu khawatir dengan May Day. Teman-teman pekerja agar bisa mengisi May day ini dengan hal-hal positif dan produktif," katanya.

Ia mengatakan, kalaupun ada aspirasi-aspirasi yang akan disampaikan kalangan buruh kepada pemerintah, bisa dilakukan dengan cara yang baik.

Sementara itu Kepolisian daerah (Polda) Banten menyiapkan sekitar 1.700 personel keamanan gabungan Polri, TNI dan instansi terkait untuk pengamanan hari buruh Internasional atau "May Day" pada 1 Mei 2016.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Brigjen Pol Ahmad Dofiri di Serang, Jumat mengatakan, ribuan personil gabungan yang terdiri dari unsur anggota Polri, TNI dan instansi terkait di Pemerintah Provinsi Banten, akan disebar dalam beberapa titik yang menjadi pusat kegiatan hari buruh. Selain itu, akses jalan raya yang akan dilewati buruh akan mendapatkan pengawalan dari petugas kepolisian.

"Hari buruh besok tidak ada aksi unjuk rasa di wilayah hukum Polda Banten. Semuanya sudah kami komunikasikan dengan pihak buruh, pengusaha dan instansi terkait. Kegiatan hari buruh diisi turnamen futsal, pengobatan gratis, donor darah, panggung hiburan dan pembuatan perpanjangan SIM di Alun-alun Serang. Ada 1.700 personil gabungan yang kami kerahkan untuk pengamanan hari buruh," kata Brigjen Pol Ahmad Dofiri usai menggelar apel gabungan persiapan pengamanan hari buruh di Lapangan Mapolda Banten.

Pewarta: Mulyana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016