Bogor (ANTARA News) - Agen tunggal pemegang merek Bentley di Indonesia, PT Grandauto Dinamika, menyatakan pihaknya tidak tertarik untuk ikut serta dalam ajang-ajang pameran otomotif di Indonesia, seperti Indonesia International Motor Show maupun Gaikindo Indonesia International Auto Show.

Chief Operating Officer GAD Roland Staehler di sela-sela perkenalan Bentley Continental GT V8 S di Sirkuit Sentul, Bogors, menyatakan konsumen Bentley bukan dari kalangan yang tertarik untuk mendatangi pameran-pameran tersebut.

"Pada dasarnya antara pelanggan Bentley dan pameran otomotif di Indonesia itu tidak sesuai, makanya kami lebih memilih acara-acara kecil yang menyasar langsung spesifik kepada pelanggan lama dan pelanggan potensial," kata Staehler.

Lewat acara-acara kecil itu pula, Staehler membocorkan, GAD bakal memperkenalkan SUV mewah Bentley Bentayga serta varian lain yang belum diperkenalkan khusus untuk pasar Indonesia, Mulsanne.

Di ajang-ajang pameran otomotif IIMS atau GIIAS, GAD yang juga memegang merek Land Rover dan Jaguar, biasanya tetap turut ambil bagian namun bukan membawa lini produk Bentley.

"Kalau untuk Land Rover dan Jaguar itu memang masih bisa ditaruh di pameran otomotif di Indonesia karena pilihan lini produknya masih lebih luas," ujarnya.


Hanya Ajang Jualan

Secara global sendiri Bentley sebetulnya tidak anti dengan keikutsertaan dalam ajang pameran otomotif, namun konsentrasinya lebih pada gelaran untuk menampilkan inovasi-inovasi terbaru mereka.

Bahkan Bentayga juga diperkenalkan lewat ajang pameran otomotif, Frankfurt Motor Show 2015 di Jerman pada September 2015 lalu.

Sedangkan Direktur Wholesale dan Training GAD, Bambang Tjahyono, melihat pameran otomotif di Indonesia masih dititikberatkan sebagai ajang untuk para merek untuk berjualan semata.

"Yang kami lihat memang pameran otomotif di Indonesia masih bukan soal adu unjuk tampil inovasi, tapi ajang buat berjualan semata," kata Bambang.

Bambang mengungkapkan bahwa kemungkinan besar Bentayga akan diperkenalkan untuk pasar Indonesia selepas pelaksanaan ajang GIIAS 2016 yang berlangsung 11-21 Agustus mendatang.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016