Jakarta (ANTARA News) - Pelaku usaha dan pemerintah daerah semakin bergairah mengembangkan industri kecil dan menengah berbahan baku dari kawasan setempat, salah satunya produk olahan pangan, perikanan dan kerajinan yang menjadi beberapa produk andalan.

Hal itu menjadi perbincangan Menteri Perindustrian Saleh Husin saat menerima Walikota Langsa Aceh, Usman Abdullah di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat.

“Langsa, seperti daerah lain di Indonesia, tentu memiliki potensi industri kecil dan menengah selain industri besar. Beberapa produk olahan pangan dari Langsa seperti keripik pisang, melinjo dan tentu saja kopi bisa dikembangkan,” ujar Saleh melalui siaran pers di Jakarta, Jumat.

Menurut Saleh, hal itu sejalan dengan upaya Pemerintah memeratakan pengembangan industri agar tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa sekaligus mendorong wirausaha-wirausaha baru di Tanah Air.

Langsa terletak sekitar 400 kilometer ke timur dari Banda Aceh, di mana kota ini terbilang komplet lantaran memiliki pesisir dan wilayah laut selain bentangan lahan pertanian dan perkebunan. Menteri Saleh juga mengungkapkan, Kemenperin memiliki program pembinaan industri kecil dan menengah. Teknik produksi dapat diperbaiki, begitu juga denga kemasan produk. “Pendekatan branding, termasuk kemasan yang menarik, saya cermati efektif untuk mendongkrak pemasaran,” ulasnya.

Senada dengan Saleh, Walikota Langsa Usman Abdullah mengatakan salah satu strategi memacu pertumbuhan ekonomi daerahnya ialah mengembangkan sentra-sentra industri potensial sesuai potensi sumber daya ekonomi lokal yakni pertanian, perikanan dan perkebunan.

Kota ini, imbuh dia, secara historis dan didukung posisi menghadap Selat Malaka, Langsa juga jalur perdagangan dengan adanya Pelabuhan Kuala Langsa. Hal ini juga memperkaya aktivitas ekonomi dan budaya, termasuk dalam hal ragam produk kuliner.

“Kota kami juga strategis, merupakan jalur darat dari Banda Aceh serta kota lain di Aceh dari dan ke Medan, Sumatera Utara," ujarnya.

Pemda setempat, lanjut Usman, akan mendorong produk makanan menjadi buah tangan menarik bagi warga kami yang bepergian ke lain daerah maupun wisatawan dan bahkan masyarakat yang bepergian melintasi Langsa.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016