Jakarta (ANTARA News) - Atlet bulu tangkis ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melangkah ke putaran semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia setelah mengalahkan pasangan Korea Solgyu Choi/Eom Hye Won.

"Pertandingan tadi tidak mudah. Tapi, kami bersyukur dapat mengatasi lawan. Kami berharap pertandingan besok lebih baik dan kami semakin percaya diri," kata Tontowi selepas pertandingan di Wuhan Tiongkok seperti tercantum dalam situs PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat.

Pasangan atlet yang akrab disapa Owi/Butet itu menang atas Solgyu/Eom dalam pertandingan perampat final selama 38 menit dengan skor 21-16, 21-15.

Butet mengatakan bermain fokus dan konsisten menjadi kunci kemenanganya bersama Owi pada laga perempat final kejuaraan berhadiah total 200 ribu dolar AS itu.

"Kami sempat tertinggal pada game kedua. Tapi, kami menyadari permainan belum selesai sehingga kami harus tetap fokus untuk mencetak poin," ujar Butet.

Pasangan campuran andalan Indonesia itu tertinggal 5-9, 7-11 dan 11-14 pada game kedua. Tapi setelah mampu menyamakan kedudukan 14-14, Owi/Butet melesat hingga poin 20-14. Choi/Eom hanya bisa menambah satu poin saat Owi/Butet menutup pertandingan dengan skor 21-15.

Kedua pasangan itu belum pernah saling berhadapan dalam turnamen lain sebelumnya. Dengan demikian, kemenangan Owi/Butet itu menempatkan keunggulan pasangan Indonesia atas Korea itu 1-0.

Pada putaran semifinal yang akan berlangsung Sabtu (30/4), Owi/Butet akan melawan pasangan Korea Selatan Shin Baek Cheol/Chae Yoo Jung. Kedua pasangan itu tercatat belum pernah bertanding.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016