Jayapura (ANTARA News) - Persija Jakarta sukses menahan imbang tuan rumah Persipura dengan skor 1-1 pada pertandingan pembukaan kompetisi Indonesia Super Championship (ISC) 2016 di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat.

Pada kompetisi yang selanjutnya bernama Torabika Soccer Championship (TSC) ini, tim yang berjuluk Macan Kemayoran ini bahkan mampu unggul terlebih dahulu lewat Ade Jantra pada menit 12. Beruntung, Persipura mampu menyamakan kedudukan lewat pinalti James Koko Lomel pada menit 18.

Mampu menahan tim tuan rumah bisa dikatakan sebagai prestasi tersendiri bagi Persija karena sejak menit awal harus bekerja keras untuk menahan gempuran Boaz Solossa dan kawan-kawan. Apalagi puluhan Persipuramania terus memberikan dukungan tim tuan rumah.

Secara umum, Persija Jakarta yang saat ini dilatih oleh Paulo Camargo ini mampu mengimbangi permainan cepat yang diperagakan oleh anak asuh Jafri Sastra. Beberapa peluang oleh pemain Persipura mampu digagalkan termasuk yang dilakukan sang kapten Boaz Solossa.

Tim tuan rumah bahkan beberapa kali mengancam gawang Andritany Ardiyasa. Bahkan, tendangan Boaz Salossa beberapa kali membentur mistar gawang. Kondisi ini membuat atmosfer pertandingan memanas. Beruntung wasit Thoriq Alkatiri mampu meredam emosi pemain.

Pada babak kedua yang disaksikan langsung Presiden Joko Widodo bersama dengan rombongan termasuk Menpora Imam Nahrawi, kedua tim terus berusaha mencari kemenangan setelah bermain imbang di babak pertama. Hanya saja, upaya yang dilakukan kedua tim belum membuahkan hasil.

Sementara itu, pertandingan babak kedua terbilang istimewa karena peluit tanda pertandingan dimulai ditiup langsung oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini dilakukan karena orang nomor satu di Indonesia tidak bisa melakukan tendangan kick off karena adanya keterlambatan karena cuaca.

Pembukaannya sendiri diwakil Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti. Namun, setelah cuaca membaik, rombongan presiden akhirnya bisa mendarat di Bandara Sentani dan selanjutnya melihat langsung pertandingan babak kedua.

Khusus untuk Menpora Imam Nahrawi, saat hadir di stadion mendapatkan Salam berupa teriakan dari ribuan suporter yang hadir di stadion. Kondisi yang sama juga terjadi saat menghadiri pembukaan turnamen Piala Bhayangkara di Bandung beberapa waktu lalu.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016