Madrid (ANTARA News) - Spanyol menerima total 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada kuartal pertama tahun ini, menurut data yang diterbitkan Kantor Statistik Spanyol (INE) pada Jumat.

Angka ini meningkat 13,9 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada Maret saja, jumlah pengunjung internasional naik 16,1 persen menjadi 4,8 juta, lapor Xinhua.

Pada kuartal pertama, kedatangan dari Inggris mencapai 2,6 juta, meningkat 20,1 persen tahun-ke-tahun. Kemudian diikuti oleh kedatangan wisatawan Jerman sebanyak 1,7 juta atau meningkat 8,7 persen, dan dari Prancis sebanyak 1,58 juta atau naik 6,4 persen.

Daerah yang paling banyak dikunjungi di tiga bulan pertama tahun ini adalah Kepulauan Canary dengan sekitar 3,5 juta pengunjung internasional, diikuti oleh wilayah timur laut Catalonia dengan 2,8 juta, dan wilayah selatan Andalusia dengan 1,7 juta pengunjung internasional.

Spanyol, salah satu negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, menyambut total 68,1 juta wisatawan internasional pada 2015, memecahkan rekor tertinggi.
(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016