... banyak masyarakat yang belum memahami baik kegunaan program KB."
Sorong (ANTARA News) - Tim Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menggelar penyuluhan keluarga berencana (KB) bagi masyarakat kampung Warwarsi, Distrik Argumi, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Komandan Subkoridor Wilayah Kaimana, Mayor Thomas Barus, yang dihubungi dari Sorong, Sabtu, mengatakan bahwa kegiatan penyuluan KB tersebut merupakan salah satu kegiatan sosial tim Ekspedisi NKRI di wilayah Papua Barat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat kegunaan program KB karena banyak masyarakat yang belum memahami baik kegunaan program KB," katanya.

Paradigma yang ada di masyarakat, menurut dia, program KB dinilai untuk menghentikan kelahiran, sehingga banyak masyarakat yang tidak mengikuti program KB karena khawatir tidak bisa memiliki anak lagi.

Oleh karena itu, dikemukakannya, penyuluhan KB harus dilakukan terus menerus kepada masyarakat, terutama yang berada di kampung-kampung sehingga mereka memahami dengan baik kegunaan program KB.

Dia mengatakan, materi penyuluhan yang disampaikan oleh tim Ekspedisi NKRI kepada masyarakat di kampung Warwarsi Kabupaten Kaimana, yakni KB jangka pendek dan KB jangka panjang.

Program KB jangka pendek meliputi KB suntik dan pil dengan jangka waktu kurang lebih tiga bulan, sedangkan program KB jangka waktu panjang adalah KB susuk yang waktunya tiga sampai lima tahun dan IUD yang jangka waktu delapan hingga sepuluh tahun.

"Penyuluhan KB tersebut berjalan lancar dan antusiasme masyarakat kampung Warwarsi sangat tinggi mengikuti kegiatan sosial tersebut," demikian Mayor Thomas Baru.

Pewarta: Ernes B. Kakisina
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016