Jadi perbaikannya tidak hanya perbaikan fisik tapi perbaikan manajemen juga perbaikan modal dan pendampingan-pendampingan seperti itu yang saya kira diperlukan
Sentani, Papua (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo berharap pasar tradisional yang akan dibangun fisik dan pengelolaannya secara profesional dapat berdaya saing dengan pasar modern seperti mal.

"Jadi perbaikannya tidak hanya perbaikan fisik tapi perbaikan manajemen juga perbaikan modal dan pendampingan-pendampingan seperti itu yang saya kira diperlukan," kata Presiden saat memeriksa Pasar Pharaa di Sentani, Papua, Sabtu.

Menurut Presiden, pembangunan pasar di sejumlah daerah membutuhkan sinergi pusat dan daerah di antaranya lahan dari pemda dan BUMN yang akan membantu permodalan.

Presiden mengatakan nantinya ada perbankan BUMN yang akan mendampingi permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Jokowi mengatakan KUR tersebut akan memicu pertumbuhan ekonomi di seluruh tingkat masyarakat di daerah.

Dalam penjelasannya Jokowi mengatakan perbankan BUMN perlu menjaga dana yang diberikan melalui KUR tersebut sehingga harus ada upaya pendampingan kepada pedagang.

Presiden mengatakan pembangunan pasar tradisional merupakan salah satu program pemerintah untuk membangun ekonomi masyarakat. Selain itu, pemerintah juga akan melanjutkan dengan pembangunan perumahan nelayan guna mendukung perekonomian nelayan tradisional.

"Ini sebagai contoh-contohlah. Nanti kalau sudah bener, betul, baru gedein," kata Jokowi terkait program pembangunan pasar tradisional di Indonesia.

Presiden telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa pasar tradisional yang akan dan sudah dibangun di wilayah Jayapura dan Sentani antara lain Pasar Mama Mama Jayapura, Pasar Pharaa dan Pasar Doyo Baru di Sentani.

Dalam lawatannya ke pasar, Jokowi selalu menyempatkan diri berdiskusi dengan sejumlah pedagang di tempat itu.

Menurut agenda, Presiden akan mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Jayapura pada Sabtu sore untuk kembali ke Jakarta. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016