Sentani, Papua (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meninjau Pelabuhan Depapre di Sentani dalam kunjungan kerjanya ke Papua.

Presiden memeriksa proses pembangunan yang masih berupa tiang pancang di pelabuhan Pelabuhan Depapre, pada Sabtu.

"Ini pelabuhan peti kemas Depapre yang memang baru awal dimulai dan ke depan sudah sepakat antara pak gubernur, pak bupati, dengan bu Menteri BUMN bahwa ini akan dikerjakan oleh BUMN dan BUMD, Pelindo dan juga BUMD dari sini," kata Presiden.

Presiden didampingi oleh Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti serta Gubernur Papua Lukas Enembe saat meninjau pembangunan tersebut.

Presiden mengatakan pemerintah akan membangun kawasan industri yang terintegrasi dengan jarak sekitar 20 kilometer dari pelabuhan.

"Dengan itu kita harapkan, karena ini pelabuhan dalam dari Tanah Papua, kalau ekspor itu tidak usah lewat Makassar atau lewat Surabaya, di sini langsung ke negara tujuan," kata Presiden.

Setelah meninjau Pelabuhan Depapre, Presiden mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Papua dan kembali ke Jakarta pada Sabtu sore.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016