Palangka Raya (ANTARA News) - Balai Pengawas Obat dan Makanan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengimbau seluruh masyarakat agar tak membeli obat-obatan dan kosmetik secara daring (online).

"Masyarakat jangan membeli secara online apalagi jika itu adalah obat keras, yang seharusnya menggunakan resep dokter. Jika membeli kosmetik pun juga harus teliti termasuk melihat komposisi dan memastikan yang dibelinya itu legal," kata Kepala Seksi Sertifikasi Layanan Informasi Konsumen (Serlik) BPOM, Gusti Tamjidillah di Palangka Raya, Sabtu.

Gusti mengatakan bahwa di kota-kota besar penjualan berbagai obat-obatan dan produk kosmetik secara daring semakin marak.

Dikatakannya bahwa obat-obatan ilegal yang dijual secara daring tersebut, biasanya merupakan resep dokter dan untuk penyakit-penyakit spesifik. Selain itu untuk kosmetik, perawatan dan pemutih kulit mendominasi penjualan produk kecantikan secara daring.

Dia pun mengakui bahwa penjualan obat dan kosmetik secara daring itu membuat pengawasan peredaran produk farmasi tersebut lebih sulit dibanding pengawasan di toko konvensional.

"Untuk itu, meskipun transaksi secara online lebih mudah, tapi kami terus mengimbau agar masyarakat mengedepankan berbelanja ditoko-toko konvensional," katanya.

Secara nasional pihak BPOM bekerja sama dengan sejumlah instansi lain menyita tiga juta lebih produk kosmetik, obat-obatan, dan obat tradisional ilegal, kedaluwarsa, serta mengandung bahan kimia obat dan bahan berbahaya.

Temuan tersebut mencakup wilayah operasi di seluruh wilayah Indonesia yang dilakukan pada Februari-Maret 2016 dengan temuan sarana ilegal 174 dari 250 sarana yang diperiksa.

Temuan tersebut terdiri dari 4.441 item atau 3.172.937 pieces dengan nilai keekonomian mencapai Rp49,8 miliar dan dari seluruh kasus tersebut, sebanyak 52 kasus atau 29,89 persen dilanjutkan ke pengadilan.



Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016