Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 450 murid dari 13 sekolah dasar (SD) di Tangerang Selatan dan Jakarta mengikuti lomba akademik yang dirancang khusus untuk murid kelas satu hingga enam yakni Mind Matrix Challenge yang diselenggarakan oleh Sinarmas World Academy (SWA), di Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu.

"Lomba yang pertama kali diselenggarakan ini menghadirkan perwakilan dari 13 sekolah, dan diikuti 450 murid," ujar Kepala SD Sinarmas World Academy, Shinta Aulia.

Dia menambahkan acara itu melombakan uji kemampuan dalam hal akademik dan ketangkasan. Perlombaan yang ditandingkan termasuk diantaranya kemampuan berbahasa Inggris di pertandingan "spelling bee" , matematika, sains, dan simulasi bisnis.

Semua perlombaan dilakukan dalam bentuk kelompok, kecuali untuk perlombaan "spelling bee" dilakukan secara individu.

"Harapan kami mengadakan acara ini, selain membangun persahabatan dengan sekolah lain, juga berupaya mengasah kemampuan akademis para peserta lomba ini," tambah dia.

Dalam lomba "spelling bee", mereka saling menguji kemampuan dalam berbahasa Inggris secara lisan maupun tertulis. Sedangkan dalam perlombaan matematika siswa-siswi harus bertanding dalam kelompok untuk memecahkan masalah di setiap stasiun.

"Mereka diminta menjawab berbagai pertanyaan seputar pelajaran Matematika yang dibuat menarik dan dibagi dalam berbagai tahap," terang dia.

Menurut Shinta, bagi peserta yang memiliki cita-cita menjadi ilmuwan dapat mengikuti pertandingan sains. Dalam perlombaan itu, peserta dapat mencoba beberapa eksperimen.

Lain halnya dengan yang ingin menjadi pengusaha, para siswa dapat juga mengikuti perlombaan simulasi bisnis dengan membuat berbagai keputusan yang menentukan sukses tidaknya bisnis yang dibangun.

Pewarta: Indriani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016