Palangka Raya (ANTARA News) - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan daerah itu telah membuka pendaftaran program beasiswa khusus untuk belajar ke Universitas Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota, Norma Hikmah di Palangka Raya, Sabtu mengatakan pendaftaran beasiswa pendidikan program diploma (D3) itu mulai dibuka pada 18 April-18 Mei 2016.

"Beasiswa ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusan SMA sederajat yang berprestasi dan dinilai kurang mampu dan merupakan lulusan sekolah di Palangka Raya," katanya.

Beasiswa khusus ini ditujukan untuk menjaring sekira 15 siswa yang nantinya akan mengkuti pendidikan program studi Akuntansi Keuangan dan Administrasi Perpajakan di salah satu universitas terbaik di Indonesia tersebut.

Dia menyebutkan persyaratan yang diperlukan bagi pendaftar jalur beasiswa, antara lain mengisi biodata, siswa pendaftar berdomisili di Palangka Raya, fotokopy kartu tanda penduduk (KTP) orang tua dan fotocopy karti keluarga (KK) yang dilegalisir. Selain itu juga membawa surat keterangan tidak mampu yang ditandatangani RT, RW, lurah dan camat yang asli serta foto kopi.

Syarat lainnya fotokopy ijazah dilegalisir, fotokopy rapor semester tiga sampai lima yang juga dilegalisir serta fotokopy KTP dan kartu pelajar yang bersangkutan.

Dia mengatakan, beasiswa khusus ini juga melayani program jalur mandiri yang artinya siapa pun bebas mendaftarkan diri dan ikut seleksi. Sementara untuk biaya pendidikan program ini ditanggung masing-masing peserta.

"Untuk syarat pendaftaran lainnya dan untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi panitia penerimaan UI di Bidang Pendidikan Menengah dan Bidang PKLK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palangka Raya.

Persyaratan jalur mandiri dapat diunduh di http://simak.ui.ac.id, dan untuk pelaksanaan tes seleksi tertulis program ini dilaksanakan pada 5 Juni 2016. Peserta pendaftar baik program beasiswa khusus ataupun jalur mandiri dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp350.000.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016