Jakarta (ANTARA News) - Massa buruh dalam rangka memperingati Hari Buruh 1 Mei 2016 memasuki Jakarta melalui empat rute, kata Polda Metro Jaya di Jakarta, Sabtu.

Rute pertama melalui wilayah timur yaitu Bekasi, Karawang, Pulogadung, yang akan diarahkan melalui Cempaka Putih, Senen, Tugu Tani hingga kawasan Monas timur.

Kemudian, dari selatan dari Bogor dan sekitarnya, akan diarahkan melewati Tol Jagorawi atau Jalan Raya Bogor keluar Tol Tegal parang-Rasuna Said-Cokroaminoto-Tugu Tani-Monas Timur.

Sedangkan rute barat dari Tangerang-Banten bakal diarahkan melewati Tomang-Juanda-Veteran-Monas, dengan lokasi parkir di Monas, Lapangan Irti, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, dan Parkir Timur Senayan.

Rute lainnya adalah massa yang langsung menuju Stadion Gelora Bung Karno (GBK) melalui Jalan Gatot Subroto dan memasuki GBK melalui pintu 7 atau 8.

Berdasarkan pantauan Antara di jalan protokol Sudirman-Thamrin Sabtu malam masih belum ada penjagaan ketat dari aparat keamanan.

Pada peringatan Hari Buruh Internasional 2016, buruh Indonesia serempak mengajukan empat hal.

Pertama, menolak upah murah, pencabutan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan menaikkan upah minimum pada 2017 sebesar Rp650 ribu.

Kedua, menghentikan kriminalisasi buruh dan aktivis sosial serta menghentikan PHK.

Ketiga, menolak reklamasi, penggusuran dan RUU pengampunan pajak.

Keempat, deklarasi organisasi masyarakat buruh sebagai kekuatan politik atau kelompok penekan yang terdiri dari kalangan buruh, guru honorer, mahasiswa dan nelayan.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016