Kuantan Singingi (ANTARA News) - Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia memberi bantuan sarana pendukung penanganan bencana kepada Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau berupa dua unit mobil.

"Bantuan itu yakni satu unit mobil angkut air bersih dan mobil dapur umum," kata Kepala Dinas (Kadis) Sosial dan Tenaga Kerja (Dissosnaker) Kuantan Singingi (Kuansing) Muharlius di Teluk Kuantan, Minggu.

Ia mengatakan, bantuan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena bencana alam yang kerap terjadi di sejumlah wilayah Kuansing sudah menjadi isu nasional yakni banjir bandang.

Ribuan pengungsi akibat banjir selama ini merasa kesulitan mendapatkan air bersih, hingga pemerintah daerah mengusulkan pentingnya mobil pengakut air yang bisa menjangkau sejumlah wilayah kecamatan yang dilanda bencana.

"Bahkan bantuan alat untuk memasak yang diberikan pihak pusat sangat diapresiasi karena sejumlah dapur umum datangnya bencana sangat membutuhkan," sebutnya.

Sekretaris Dissosnaker Kuansing Samsius juga menambahkan, selain mobil juga daerah dibantu satu unit sepeda motor Patwal (Patrli Pengawalan) yang akan bertugas untuk mengawal dua unit mobil tersebut beroperasi kelapangan.

" Fasilitas pendukung ini dapat digunakan sebaik - baiknya oleh petugas dilapangan," ujarnya.

Menurutnya, dua mobil ini memang diusulkan Dissosnaker Kuansing, karena sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan disaat terjdi bencana, sementara bencamna alam sudah menjadi rutinitas di sejumlah wilayah di Kuansing.

"Dua mobil sebenarnya masih kurang, namun bantuan pemerintah ini sangat di apresiasi tinggi," ucapnya.

Mobil dapur umum dilengkapi fasilitas memasak yang lengkap, kompor gas, sejumlah alat pendukung lainnya hingga semua siap pakai, namun demikian petugas harus memiliki keahlian khusus dalam mengoperasikan lat tersebut agar tidak mudah rusak.

Tahun 2016, ada dua kabupaten di Riau yang menerima yakni Kampar dan Kuansing, karena itu semua pihak mensyukurinya.

Pewarta: Asripilyadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016