Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan segera menyalurkan soal Ujian Nasional (UN) Paper Base Test (PBT) ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah se-Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Gorontalo, Weni Liputo, Minggu, mengatakan, untuk naskah soal yang bersifat Paper Base Test (PBT) sudah masuk di Provinsi Gorontalo sejak 21 April.

Pada tanggal 4 mei pihak percetakan akan menyerahkan kepada panitia Provinsi dan seterusnya kita teruskan kepada panitia Ujian Nasional SMP Kabupaten/Kota.

Weni mengatakan, pihaknya berusaha pada tanggal 5 mei, semua naskah UN SMP, MTS maupun Paket B sudah dapat diserahkan oleh ketua panitia penyelenggara Kabupaten/Kota ketingkat sekolah-sekolah penyelenggara.

"Untuk Sekolah tingkat SMP/MTS di Provinsi Gorontalo berjumlah 365 sekolah yang terdiri dari 327 SMP dan 38 MTS," ucap Weni.

Sedangkan jumlah peserta Ujian Nasional tingkat SMP di Provinsi Gorontalo berjumlah 210.672 siswa, diantara peserta itu hanya sebagian kecil yang ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Hanya dua sekolah yang menggelar UNBK, yaitu SMP Negeri 1 Kota Gorontalo dan SMP Negeri 1 Boalemo," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016