Southampton, Inggris (ANTARA News) - Pemain Southampton Sadio Mane memborong trigol saat mengantarkan timnya menggulung Manchester City dengan skor 4-2 dalam laga pekan ke-36 Liga Utama Inggris di Stadion St. Mary's, Minggu.

Mane mencetak tiga golnya masing-masing pada menit 28, 57 dan 68 melengkapi gol pembuka untuk Southampton yang dicetak Shane Long pada menit 25.

Sementara City yang tampil tanpa Sergio Aguero membalas lewat dwigol dari penyerang muda bertalenta, Kelechi Iheanacho, pada menit 44 dan 78.

Berkat kemenangan tersebut, Southampton naik ke peringkat ketujuh klasemen dengan koleksi 57 poin menggusur Liverpool (55) yang sebelumnya di laga lain menelan kekalahan 1-3 di markas Swansea (43).

Sedangkan City (64) harus merelakan ambisi kembali ke peringkat ketiga pupus, sebab sehari sebelumnya Arsenal (67) telah merebut tempat itu dari tangan Yaya Toure dkk.

Long membuka keunggulan Southampton pada menit 25 memanfaatkan umpan tarik kiriman Dusan Tadic demi membukukan gol ke-100 di level klub sepanjang karirnya itu.

Tiga menit berselang Tadic kembali mengirimkan umpan matang, kali ini untuk Mane yang sigap melakukan penyelesaian demi menggandakan keunggulan Southampton 2-0 atas City.

Semenit jelang turun minum, City memangkas ketertinggalan setelah Iheanacho memanfaatkan keteledoran sapua Cuco Marina yang bisa ia tanduk ke gawang yang dikawal Fraser Forster.

Menit 57 Southampton kembali menjauh setelah bola tandukan Virgil van Dijk membentur mistar gawang dan Mane sigap menyambar muntahannya ke gawang yang sudah tak bertuan.

Mane melengkapai capaian trigolnya pada menit 68 lagi-lagi memanfaatkan umpan terobosan Tadic, maka gol tersebut juga menandai capaian tiga buah assists gelandang Serbia itu di laga tersebut.

Gol hiburan untuk City kembali dicetak oleh Iheanacho yang menyelesaikan umpan kiriman Jesus Navas dengan tendangan terarah ke sudut tiang tak terjangkau Forster.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

Southampton (4-2-3-1): Fraser Forster (PG); Cuco Martina, Jose Fonte, Virgil van Dijk, Ryan Bertrand; Victor Wanyama, Jordy Clasie (Oriol Romeu); Sadio Mane, Steven Davis (James Ward-Prowse), Dusan Tadic (Jay Rodriguez); Shane Long
Pelatih: Ronald Koeman

Manchester City (4-4-2): Joe Hart (PG); Pablo Zabaleta, Nicolas Otamendi, Eliaquim Mangala, Aleksandar Kolarov; Samir Nasri, Fernandinho (Martin Demichelis), Fabian Delph (Jesus Navas), Raheem Sterling; Kelechi Iheanacho, Wiflried Bony
Pelatih: Manuel Pellegrini

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016