Sabang, Aceh, (ANTARA News) - Peserta Sabang Marine Festival II 2016, khususnya para yachter akan mempromosikan dan merekomendasikan ke komunitas yacht dunia bahwa Kota Sabang (Pulau Weh) merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

Para yachter pada acara penutupan Sabang Marine Festival, Sabtu malam di Sabang, menyatakan, Sabang merupakan pulau indah yang pantas untuk dikunjungi sebagai tempat berlibur.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Nahkoda Thorfinn, Dwayne Turpin dan Nahkoda Aku Ankka, Glen Horne, mereka akan mempromosikan Sabang ke komunitas yacht dunia setelah mereka kembali ke negaranya.

Pernyataan serupa juga disampaikan Nahkoda Swift, Colin Michael Wright bahwa Sabang merupakan alam yang alami, tanpa ada pencemaran, airnya bersih dan ikan-ikanya juga bervariasi.

Dikatakan, kegiatan yang diselenggarakan Badan Pengelolaan Kawasan Sabang (BPKS) merupakan kegiatan yang luar biasa dan dirinya mewakili teman-teman peserta lainnya menyatakan kepuasannya selama berada di Sabang.

Mereka menyatakan, dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada BPKS, masyarakat Sabang dan semua pihak yang selama ini telah membantu dirinya dan kawan-kawan selama mengikuti kegiatan ini. Dimana mereka diberikan kesempatan untuk saling berbaur dengan masyarakat Sabang dalam mengikuti berbagai kegiatan Sabang Marine Festival.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPKS Fauzi Husin yang diwakili oleh Deputi Komersial dan Investasi, Syafruddin Chan menyatakan ke depan BPKS akan mencoba untuk terus melakukan promosi Sabang ke tingkat dunia.

"Selain Sabang Marine Festival, ke depan kita akan berusaha untuk membuat kegiatan lainya seperti rally dan racing yacht, sehingga Sabang ini akan selalu diminati oleh komunitas Yacht dunia," ujar Syafruddin Chan.

Menurut Syafruddin Chan, melalui kegiatan rally dan racing yacht, BPKS berharap akan mendorong para yachters untuk datang secara kelompok.

"Kita berharap yang saat ini datang secara individual, maka dengan rally dan racing, mereka (yachters) akan datang secara berkelompok," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sabang Marine Festival II 2016, Fauzi Daud menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini.

"Kerja keras kita semua telah membuahkan hasil yang fantastis, dimana dalam kegiatan Sabang Marine Festival II 2016, mampu mendatangkan sekitar 19 yacht. Jika pada tahun sebelumnya hanya delapan yacht yang mengikuti kegiatan ini," kata Fauzi Daud yang juga Direktur Pengembangan Usana dan Investasi BPKS.

Sabang Marine Festival II 2016 diikuti 19 kapal yacht yakni, Morning Star (USA), Mariposa (Jerman), Bernacle C (British), Thorfinn (Australia), Swift (British), Jenain (Afrika Selatan), Aku Ankka (USA), SY. Spailpin (Malaysia), ZOA (Australia).

Calypso (Afrika Selatan), Dream Dancer (Australia), EN Pointe (USA), Cest Le Vent (Malaysia), Storm (British), Sy Manta (British) dan Sy Shadowfax (USA), Kattum (France), La Louipiote (France) dan Ravenson.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016