Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menilai setahap demi setahap pemerintah menunjukkan keberpihakan pada buruh, salah satunya dengan adanya penaikan upah buruh yang lebih layak. 

"Saya melihat setahap demi setahap ada keberpihakan pada buruh, dengan kenaikan upah yang lebih layak," kata dia, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin. 

Kementerian Ketenagakerjaan sebelumnya telah menetapkan upah minumin di masing-masing provinsi. DKI Jakarta misalnya naik 14,81 persen menjadi Rp 3,1 juta per bulan.

Kendati begitu, menurut dia, permintaan buruh soal penambahan komponen dalam standar kebutuhan hidup layak perlu juga menjadi perhatian pemerintah. 

Dia berharap pemerintah bisa mencari solusi terbaik dalam hal ini. Selain itu, dia juga menyoroti risiko buruh-buruh asing yang menyerbu Indonesia, sehingga dikhawatirkan mengancam keberadaan buruh Indonesia. 

"Yang harus dijaga itu buruh-buruh asing yang menyerbu Indonesia, mengancam keberadaan buruh-buruh kita. Mereka bahkan tidak bisa berbahasa Indonesia," ujar politisi Partai Gerindra itu.

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016