Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mendukung produk garbarata atau jembatan berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat terbang menembus pasar Eropa.

Saleh menyampaikan hal itu pada pelepasan ekspor garbarata PT Bukaka Teknik Utama Tbk ke Jepang di Cileungsi, Bogor, Senin.

"Ini memberikan bukti nyata dalam hal kemampuan mendesain dan memproduksi garbarata. Saya mengapresiasi Bukaka Teknik Utama yang terus mencetak pencapaian membanggakan bagi Indonesial," kata Saleh lewat siaran pers.

Saleh menegaskan, pihaknya konsisten memberikan dorongan kepada industri nasional agar terus meningkatkan perluasan dan penguasaan pasar, baik di dalam maupun luar negeri. Ia juga memastikan konsistensinya mengawal penggunaan dan pembelanjaan anggaran untuk menyerap barang-barang yang telah bisa diproduksi di dalam negeri.

“Garbarata kita sudah seperti menjadi salah satu duta produk nasional yang berkelas dunia. Di atas pintu di ujungnya dan menempel dekat pintu pesawat, para penumpang internasional bisa membaca jelas di situ, ‘made in Indonesia’," ujar Saleh.

Setelah diekspor ke 13 negara, ia berharap dan mendukung garbarata Bukaka mampu menembus bandara Eropa.

Sejak 1989, Bukaka Teknik Utama telah memproduksi garbarata dengan menggunakan komponen-komponen berkualitas yang diproduksi oleh para tenaga terampil dalam negeri. Jembatan penumpang itu pun mampu memenuhi standar industri aviasi yang ditetapkan oleh konsultan internasional dan para otoritas bandara hingga diekspor pertama kali ke Jepang pada 1991 dan berlanjut ke negara lain.

Garbarata yang dikirim untuk Bandara Yamaguchi Ube, Jepang kali ini merupakan produksi Bukaka yang ke-700 dan ekspor ke-474. Di negeri sakura itu, garbarata Bukaka telah mencapai jumlah 98 unit atau 18 persen dari total jembatan penumpang ke pesawat.

Hingga kini, selain Jepang, garbarata Bukaka telah menjalar keluar negeri antara lain Singapura, Malaysia, Brunei, Filipina, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Hongkong, India dan paling jauh hingga menyeberangi Samudera Pasifik, ke Chile, Amerika Selatan. Khusus di India, pangsa pasar garbarata Bukaka mencapai 80 persen.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016