Jakarta (ANTARA News) - Produk garbarata yang diproduksi PT Bukaka Teknik Utama Tbk telah diakui dunia internasional, yang membuat kemampuan Indonesia sejajar dengan negara lain, karena mampu memenuhi kebutuhan global.

“Kami bahkan pernah mengirim ke China. Di dunia, negara utama produsen garbarata ialah AS, Jepang, China, Jerman dan kita,” ujar Presiden Direktur Bukaka Teknik Utama Irsal Kamaruddin melalui siaran pers di Jakarta, Senin.

Di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, hingga kini tercatat sebanyak 35 unit garbarata Bukaka telah melayani mobilitas para penumpang. Dengan pembangunan tambahan infrastruktur seperti Terminal 3, produk perseroan yang dipasok ke bandara itu bertambah 5 unit lagi.

Aktivitas produksi Bukaka juga telah menyerap tenaga kerja hingga sekira 700 pekerja dan kapasitas produksi mencapai 70 unit garbarata per tahun. “Kami mampu tingkatkan produksi hingga tiga kali lipat ketika pesanan melonjak,” ujar GM Boarding Bridge Bukaka, Age Triobowo. Selain untuk pesawat, Bukaka juga memproduksi produk serupa untuk penumpang kapal laut.

Selain garbarata, Bukaka juga menggarap bisnis lainnya yaitu menara baja untuk telekomuniasi dan transmisi listrik, jembatan baja, pembangkit listrik, galvanize, peralatan konstruksi jalan raya, alat produksi minyak dan gas, dan kendaraan untuk kebutuhan khusus. Bukaka juga menggarap komponen otomotif, di mana setiap tahun, sebanyak 2,5 juta setang sepeda motor Honda diproduksi untuk memenuhi pesanan grup Astra.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016