... siap semuanya sesuai jadual. Termasuk renovasi Stadion GBK karena Stadion GBK adalah cagar budaya...
Jakarta (ANTARA News) - Stadion Gelora Bung Karno yang dulu bernama Istana Olahraga Senayan, dan dibangun untuk Asian Games 1962 Jakarta dan Ganefo, kini dalam persiapan direnovasi total. Ini bagian dari persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Waktu tersedia untuk menyiapkan infrastruktur dan sistem menuju pelaksanaan Asian Games 2018 tinggal sebentar lagi. 

"Pada prinsipnya dari semua yang dilaporkan termasuk persiapan Asian Games, baik di Jakabaring, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, siap semuanya sesuai jadual. Termasuk renovasi Stadion GBK karena Stadion GBK adalah cagar budaya," kata Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, di Jakarta, Senin. 

Dia ditemui usai Rapat Terbatas mengenai proses renovasi Gelora Bung Karno, di Kantor Kepresidenan. Rapat itu dipimpin Presiden Jokowi, yang juga meminta agar pagar yang terpasang di kompleks Senayan dicabut untuk menghilangkan sekat kawasan, dengan alasan menghambat pergerakan masyarakat. 

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan, pemerintah akan memberikan perbaikan untuk memfasilitasi warga difabel yang menonton pertandingan.

Menurut dia, bangunan Stadion GBK saat ini belum memperhatikan fasilitas untuk penyandang difabel dan lansia. Stadion GBK termasuk stadion dengan kapasitas terbesar di belasan selatan Bumi. 

"Tapi tadi pak gubernur sudah sampaikan, ajukan saja IMB-nya nanti kita bahas di tim warisan cagar budaya untuk dapat kami setujui," kata Hadimulyono. Tidak diungkap proses pengadaan renovasi itu, pun apakah akan melibatkan swasta dalam atau luar negeri, atau murni oleh pemerintah. 

Dia menjelaskan, pada awal Juni 2016 pekerjaan akan dimulai dan pada Juli atau Agustus 2017 direncanakan seluruh kawasan Stadion GBK sudah bisa direnovasi.

Pemerintah juga akan mengosongkan kawasan Stadion GBK yang dibangun dengan rancangan Uni Soviet yang kaya akan pilar dan kolom beton itu. Kawasan itu akan dibebaskan dari kantor-kantor cabang olahraga.

"Kecuali dari cabang olahraga angkat besi yang akan mengikuti olimpiade di Brazil nanti masih minta sampai Juni. Jadi yang lain sudah mulai dikosongkan," kata dia. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016