Roma (ANTARA News) - Polisi China bergabung dengan petugas di Italia untuk bertugas di jalan-jalan Kota Roma dan Milan dengan tujuan membantu wisatawan asal China merasa aman, kata Kementerian Dalam Negeri Italia, Senin.

Percobaan seperti ini merupakan yang pertama kali di Eropa, kata Duta Besar China di Italia, Li Ruiyu, dalam pertemuan untuk mengumumkan proyek tersebut, seperti tersiar dalam pernyataan Kementerian Dalam Negeri, lapor Reuters.

Empat orang perwira polisi China yang telah dilatih oleh petugas Italia di Beijing, akan memakai seragam seperti yang biasa dikenakan di China agar lebih mudah dikenali oleh sesama warga senegaranya.

Lebih dari tiga juta orang China berwisata ke Italia setiap tahun, menurut Liao Jinrong, dirjen biro Kerja Sama Internasional China.

"Pelayanan ini direncanakan untuk wisatawan China dan bila berhasil maka akan dipertimbangkan langkah kerja sama lainnya bagi masyarakat China di negara kita," kata Menteri Dalam Negeri Angelino Alfano.

Para petugas itu akan saling berbagi informasi dengan polisi Italia dan membantu wisatawan China yang memerlukan pertolongan untuk berhubungan dengan pihak berwenang setempat atau pun perwakilan diplomatik, mulai Senin (9 Mei) hingga 13 Mei.

Liao, pimpinan Biro Kerja Sama Internasional China, mengatakan, penugasan para perwira itu adalah "peristiwa bersejarah" untuk mengenang kembali rute Italia-China yang sudah dipetakan 700 tahun lalu oleh pedagang pengelana dari Venesia, Marco Polo.

(Uu.M007)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016