Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan pertemuan trilateral menteri luar negeri dan panglima militer Indonesia, Malaysia, Filipina yang semula akan dilaksanakan di Jakarta dipindah ke Yogyakarta pada 5 Mei 2016.

"Tidak ada alasan khusus, karena keputusannya di Jogja (Yogyakarta)," kata Menlu Retno di kantor Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta, Selasa malam.

Meskipun lokasi pertemuan dipindah ke Yogyakarta, Menlu RI mengatakan sejauh ini menlu dan panglima militer Malaysia serta Filipina telah mengonfirmasi kehadiran.

Pertemuan trilateral menlu dan panglima militer Indonesia, Malaysia, Filipina merupakan inisiatif Menlu Retno Marsudi atas instruksi Presiden Joko Widodo.

"Tujuan utama pertemuan ini adalah untuk meningkatkan pengamanan di perairan perbatasan dan wilayah sekitarnya," kata Menlu Retno.

Terkait persiapan pertemuan tersebut, Menlu menyampaikan pihaknya telah melakukan pembicaraan beberapa kali dengan mitra masing-masing di Malaysia dan Filipina untuk membahas dokumen yang akan dibahas dan kemungkinan akan dihasilkan.

"Pertemuan level teknis yg terakhir akan dilakukan pada Rabu (4/5) untuk rekap negosiasinya sehingga pada Kamis, insyaallah mudah-mudahan akan ada hasilnya," kata dia.

Pertemuan trilateral menlu dan panglima militer Indonesia, Malaysia dan Filipina akan diawali kunjungan kehormatan kepada Presiden RI Joko Widodo, kemudian dilanjutkan pertemuan tertutup ketiga pihak di Gedung Agung Yogyakarta.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016