Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 15 komunitas wirausaha besar di Indonesia hadir di acara pameran Pesta Wirausaha 2016 (PW2016) bertempat di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada 3-5 Mei 2016.

Peserta PW2016 adalah Komunitas Tangan Di Atas (TDA), HIPMI, Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia, Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia, StartUp Lokal, Young On Top, WomenPreneur Community, Komunitas Sukses Mulia, Komunitas Memberi, Nusantara Global Entrepreneurship Community, Yuk Bisnis, Junior Chamber Internasional, Nasional Boot Camp, Japnas dan IIBF.

Presiden TDA, Mustofa Romdloni dalam keterangan resminya mengatakan bahwa PW2016 bukan hanya pestanya Komunitas TDA, namun pestanya dunia kewirausahaan Indonesia. Kolaborasi dengan seluruh stake holder kewirausahaan nasional adalah langkah tepat untuk saling mengisi dan melengkapi serta menguatkan dalam segala hal.

"Semoga PW2016 ini menjadi momentum bersejarah bagi seluruh penggiat wirausaha, terutama Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bisa berkembang bersama-sama dengan daya tahan dan daya saing yang tangguh di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)," katanya.

Pada 22 Januari 2016 lalu, genap 10 Tahun Komunitas TDA Atas berdiri dengan menggelar PW2016 yang dikemas beda dari biasanya. "Let’s Grow Together" dipilih menjadi tema PW2016 sebagai sebuah gerakan tumbuh bersama kewirausahaan nasional Indonesia.  Tumbuh bersama meski dalam keragaman warna, golongan maupun komunitas demi dunia kewirausahaan Indonesia yang lebih baik adalah landasan dalam menghadapi tantangan global di masa depan.

Di waktu yang sama, Direktur Pesta Wirausaha 2016 Rawi Wahyudiono menjelaskan bahwa acara PW2016 terdiri dari 10 rangkaian acara karena bertepatan dengan 10 tahun usia komunitas TDA, yakni TDA Award, Entrepreneur Summit, Community Meet Up, Meet The Investor, Find The Mentor, Business Clinic, Seminar, Business Expo, TDA Gathering dan Blood Donors.

Semua acara ini dikemas secara khusus untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, calon pelaku usaha, perbankan, telekomunikasi dan semua pendukung UKM. "Kami menyebut acara ini sebagai persembahan komunitas TDA untuk Indonesia," ujar Mustofa Romdloni.

PW2016 mempersembahkan kemeriahan dan beragam acara menarik bagi yang hadir sehingga memperoleh kesan dan pesan mendalam. Pesta Wirausaha 2016 diisi oleh produsen dan merek lokal, komunitas hobi, masyarakat umum, mahasiswa dan pelajar. Dukungan penuh diberikan oleh dua Bank besar nasional yaitu Bank BRI dan Bank BCA. Tak ketinggalan Telkom menfasilitasi dengan Sobat UKM-nya, DPUM dengan program-program pendampingannya.

Sementara itu Wisnu P Aji, CFA as Head of Business Intelligence, Development and Strategy Indonetwork.co.id dalam kesempatan ini ikut berpartisipasi di event PW2016  menyambut antusias kegiatan tersebut.

"Partisipasi Indonetwork ini sebenarnya melanjutkan kerjasama antara Indonetwork dengan TDA sejak Pesta Wirausaha Wilayah di Bali pada Januari 2016 silam, kami berharap kolaborasi pada event Pesta Wirausaha nasional ini, Indonetwork dapat lebih memberikan dampak positif kepada para pengusaha Indonesia dengan memberikan informasi mengenai betapa pentingnya berbisnis secara online untuk dapat menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat," jelas Wisnu.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016