Jakarta (ANTARA News) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan melakukan sistem pengelompokan atau "cluster" pembayaran jalan tol ruas Jakarta-Palimanan-Brebes Timur untuk mengantisipasi lonjakan pengguna jalan tol pada masa Lebaran 2016.

"Sistem cluster ini mempermudah pengguna jalan tol karena sepanjang jalur Jakarta-Palimanan-Brebes Timur hanya melakukan dua kali pembayaran," kata Direktur Utama Adityawarman, usai mengikuti rapat kesiapan BUMN Transportasi menghadapi libur Idul Fitri 1437 H, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin.

"Sistem cluster pembayaran, yang bisa diterapkan mulai H-20 Lebaran atau mulai 16 Juni 2016," ujarnya

Ia menjelaskan, cluster pembayaran pertama dilakukan pada ruas Jakarta-Palimanan dimana cukup mengambil tiket masuk pada gerbang tol Cikarang Utama dan selanjutnya membayar di km 200 tol Palimanan.

"Sebelumnya pada ruas ini pengguna membayar di tol Cikopo, kemudian antre ambil tiket lagi. Sekarang dari Cikarang Utama terus melanjutkan perjalanan hingga membayar di Palimanan" ujarnya.

Selanjutnya cluster kedua, pengguna jalan tol mengambil tiket di Palimanan dan membayar saat keluar Brebes Timur.

"Dengan begitu, perjalanan bisa lebih lancar karena memotong tiga gerbang antrian pembayaran tiket," ujarnya.

Ia menambahkan, masa Lebaran 2016 akan terjadi lonjakan trafik lalu lintas tol Jakarta-Palimanan-Brebes Timir yang diperkirakan mencapai 5-6 persen dibanding Lebaran tahun 2015.

Lebaran tahun 2016, tambahnya akan jatuh pada Rabu-Kamis (6-7 Juli), karena itu diprediksi arus puncak mudik akanterjadi pada H-4 dan H-5 sejalan dengan dimulainya cuti bersama Senin (4/7) dan Selasa (5/7).

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016