Ambon (ANTARA News) - Puluhan ribu umat Islam di Maluku telah mendaftar dalam rangka menyukseskan Gerakan Nusantara Mengaji 300.000 Khataman Alquran yang penyelenggaraannya serentak di Tanah Air pada 7 - 8 Mei 2016.

"Kami memastikan kesiapan menyelenggarakan Nusantara Mengaji 300.000 Khataman Alquran di Maluku yang hingga saat ini peserta yang terdaftar lebih dari 21.000 orang," kata Ketua Dewan Pembina Nusantara Mengaji Maluku Basri Damis di Ambon, Selasa.

Basri mengatakan, tingginya minat umat Islam menyukseskan gerakan ini karena telah disosialisasikan dan dilakukan pemantapan di sembilan kabupaten/kota.

Bahkan, pemantapan gerakan ini melalui rapat koordinasi di Ambon, ibu kota Provinsi Maluku pada 24 April 2016 dengan melibatkan seluruh DPC PKB maupun anggota DPRD, baik Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Maluku.

Basri yang juga Ketua DPW PKB Maluku didampingi Korwil Nusantara Mengaji Wilayah Maluku, Malaka Yaluhun mengemukakan, rapat koordinasi yang diselenggarakan di kota Ambon merupakan yang terakhir dengan melibatkan juga pengurus maupun badan otonom NU se- Maluku.

"Saya dan Korwil Nusantara Mengaji Wilayah Maluku sebelumnya telah melakukan sosialisasi dan pemantapan di sembilan Kabupaten/Kota di Provinsi ini yang dikoordinir masing-masing DPC PKB dengan melibatkan anggota DPRD beragama Islam," ujarnya.

Juga merekrut sekitar 100 panitia yang bekerja di sembilan kabupaten/kota dengan menjaring peserta Gerakan Nusantara Mengaji dengan sistem online melalui webiste "www.nusantaramengaji.com.

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016