Jakarta (ANTARA News) - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Pol Agung Budi Maryoto memimpin apel gelar pasukan anggota Korlantas terkait pengamanan libur panjang pada 5-8 Mei 2016.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan rekan-rekan di Kementerian Perhubungan, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) dan Jasa Marga," katanya dalam pidatonya di Lapangan Korlantas, Jakarta, Rabu.

Koordinasi tersebut, kata dia, untuk memberikan layanan maksimal kepada masyarakat selama libur peringatan Isra Miraj 1437 dan peringatan Kenaikan Isa Almasih itu.

Sementara jumlah anggota Korlantas Polri yang disebar di seluruh jalan tol mulai dari Merak, Banten hingga Pejagan, Cirebon sebanyak 320 orang. Jumlah tersebut diluar pengerahan anggota Polda Metro Jaya dan Polda-polda lainnya.

"Ratusan personel tersebut tersebar di seluruh jalan tol dari Merak hingga Pejagan," katanya.

Agung menyebut, untuk mengurangi kemacetan, kendaraan berat dan kendaraan bermuatan barang dari arah Sumatera akan diparkirkan di wilayah Bakauheni, Lampung. "Jika terjadi kepadatan sangat panjang, kendaraan muatan berat akan dihentikan di beberapa kantong parkir di Bakauheni. Tapi itu sifatnya situasional," katanya.

Ia pun mengingatkan jajarannya untuk mewaspadai kemungkinan adanya ancaman aksi terorisme selama libur panjang pekan ini.

"Ancaman terorisme masih ada. Saya mengingatkan (jajaran) laksanakan pengawasan," katanya.

Terkait hal tersebut, menurutnya, di tiap titik rawan kejahatan, minimal ada dua orang polisi yang bertugas.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016