Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional yang tergabung di tim Manor Racing, Rio Haryanto, menjalani persiapan di Spanyol sebelum tampil pada race kelima lomba balap mobil Formula 1, di Sirkuit Catalonia, di Barcelona, Spanyol, 13-15 Mei 2016.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, ketika dihubungi dari Semarang, Rabu, mengatakan, usai tampil pada race keempat di Sochi, Rusia, Minggu (1/5), puteranya itu langsung terbang ke Spanyol.

"Usai tampil di Sochi, malamnya Rio Haryanto terbang ke Moskow kemudian pada paginya langsung terbang ke Spanyol," katanya.

Ketika ditanya persiapan yang diljalani pebalap asal Solo, Jawa Tengah tersebut, Pennywati, mengatakan, tenunya adalah persiapan fisik.

"Ya persiapan fisik sebelum turun pada race kelima di Barcelona," katanya menegaskan.

Sirkuit Catalunya Barcelona Spanyol memang bukan hal yang baru bagi pebalap berusia 23 tahun itu, karena selama berkecimpung di lomba balap mobil GP2 Series, Rio sudah empat musim berlomba di sirkuit sepanjang 4.655 kilometer tersebut.

Yang pertama adalah pada 2012 saat Rio bergabung dengan tim Carlin (Inggris) kemudian pada 2013 saat bergabung dengan tim Addax Barwa (Spanyol), kemudian pada 2014 saat bergabung dengan Caterham Racing, dan terakhir --berlomba di GP2Series-- adalah pada 2015 bergabung dengan Campos Racing.

Pada 2016 ini putra pasangan Sinyo Haryanto dan Pennywati ini mulai berkecimpung di ajang balap mobil bergengsi di dunia Formula 1 bersama tim Manor Racing (Inggris). Rio bergabung dengan Manor bersama pebalap asal Jerman Pascal Wehrlein.

Rio Haryanto sudah menjalani empat seri balapan sejak turun di F1 ini, yaitu race pertama di Melbourne, Australia, kemudian Sirkuit Internasional Sakhir di Bahrain, ketiga di Shanghai, China, dan keempat di Sochi, Rusia.

Dari empat kali tampil tersebut, dua kali gagal sampai ke garis finis yaitu pertama di di Melbourne, Australia (balap pertama) dan kedua yaitu di Sochi, Rusia (race keempat) karena terlibat insiden kecelakaan.

Kemudian pada balap kedua di Sirkuit Internasional Bahrain, Rio Haryanto menempati posisi ke-17 sedangkan pada balap ketiga di Shanghai, China, menempati posisi ke-21.

Pada reca kelima di Sirkuit Catalonia, Barcelona, Spanyol, mendatang bakal memulai latihan resmi pertama pada Jumat (13/5) pukul 10.00 hingga 11.30 waktu setempat kemudian latihan resmi kedua dimulai pukul 14.00 hingga 15.30 waktu setempat.

Sedangkan latihan resmi ketiga dilaksanakan pada Sabtu (14/5) mulai pukul 11.00 hingga 12.99 waktu setempat kemudian babak kualifikasi digelar pukul 14.00 hingga 15.00 waktu setempat sedangkan race kelima dilkasanakan pada Minggu (15/5) pukul 14.00 waktu setempat. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016