Bandung (ANTARA News) - Arus lalu lintas kendaraan bermotor dari arah barat atau Bandung menuju Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai ramai menjelang libur Kenaikan Isa Al Masih dan Isra Miraj Nabi Muhammad, Rabu malam.

Arus kendaraan mulai ramai dari keluar pintu Tol Cileunyi menuju arah jalur selatan Jalan Raya Cileunyi-Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Arus kendaraan mengalami hambatan hingga terjadi antrean cukup panjang ketika melintasi lokasi perbaikan jalan di kawasan Dangdeur, Kecamatan Rancaekek.

Bahkan, sesekali arus kendaraan tersendat di kawasan industri Jalan raya Cicalengka, kemudian di pertigaan Parakan Muncang karena adanya kendaraan umum yang menaikkan dan menurunkan penumpang.

Laju kendaraan ramai lancar di jalan Raya Parakanmuncang sampai Nagreg perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut.

Sejumlah polisi di wilayah Bandung maupun Garut tampak bersiaga dibeberapa titik untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan dari arah barat menuju Garut.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut, AKP Ardi Wibowo mengatakan jalur Kadungora-Leles hingga Tarogong, kemudian jalur Limbangan-Malangbong hingga perbatasan Tasikmalaya menjadi prioritas pengamanan.

Menurut dia kawasan rawan kemacetan terjadi di Kadungora dan Leles karena adanya aktivitas masyarakat, kemudian jalur Limbangan dan Malangbong karena adanya pasar.

"Kita siapkan personel untuk pengamanan jalur, dibantu juga oleh anggota polsek di sepanjang jalur utama Garut," katanya.

Ia mengimbau seluruh pengendara agar menaati aturan lalu lintas dan tertib di jalan untuk menghindari terjadinya kecelakaan maupun tersendatnya arus lalu lintas.

"Kami dari Satlantas tentu akan maksimal melakukan pengamanan, tapi kami juga minta kerja samanya para pengendara untuk tertib di jalanan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016