Jakarta (ANTARA News) - Direksi BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) melayani langsung peserta yang mengajukan klaim di enam kantor cabang sebagai bentuk kepedulian pada layanan berkualitas dan terkait peringatan Hari Buruh 1 Mei.

Siaran pers BPJS-TK yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan kunjungan tersebut sengaja dilakukan untuk memperoleh perkembangan terbaru terkait kualitas pelayanan serta evaluasi atas lonjakan klaim Jaminan Hari Tua setelah perubahan regulasi pada September 2015.

Peninjauan langsung ke enam kantor cabang itu dilakukan oleh enam direksi di Kantor Cabang Surakarta, Jakarta Slipi, Jakarta Setiabudi, Jakarta Salemba, Jakarta Kebon Sirih dan Jakarta Grogol.

Direktur Pelayanan dan Kepatuhan, Evi Afiatin, melihat Kantor Cabang Slipi yang didatanginya sudah mengaplikasikan strategi pelayanan yang disarankan dan telah terbukti mengurai lonjakan antrean yang ada di Kantor Cabang tersebut.

"Semoga bapak dan ibu sekalian puas dengan pelayanan yang kami berikan," sapa Evi kepada peserta yang mengajukan klaim.

Evi menyempatkan diri untuk melayani langsung salah satu peserta, mulai dari menerima berkas sampai melakukan verifikasi syarat-syarat pengajuan klaim, menggantikan sementara Customer Service Officer (CSO) yang bertugas saat itu.

Permintaan klaim dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang dimiliki dilakukan oleh peserta karena berbagai alasan, salah satunya adalah kebutuhan untuk mengembangkan usaha sendiri. Salah satu peserta memberikan alasannya untuk membuka usaha.

"Walaupun sudah keluar dari tempat kerja dan mencairkan JHT, Ibu tetap bisa kami lindungi melalui program Bukan Penerima Upah yang diperuntukkan bagi pekerja Informal, jangan lupa daftar, ya," ucap Evi kepada salah satu peserta.

Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antarlembaga, E Ilyas Lubis, yang mengunjungi Kantor Cabang Surakarta menyatakan pelayanan yang prima sudah diterapkan oleh seluruh personil kantor cabang.

Begitu pula dengan Direktur Investasi, Krishna Syarif, yang puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan Kantor Cabang Jakarta Setiabudi. Kunjungan ketiga Direksi ini dilakukan serentak di hari yang sama, Selasa (3/5).

Sementara, Direktur Keuangan, Amran Nasution, Direktur Perencanaan Strategis dan TI, Sumarjono dan Direktur Umum & SDM, Naufal Mahfudz, melakukan kunjungannya pada Rabu (4/5).

Selain melakukan kunjungan dan evaluasi kualitas layanan, para Direksi juga melayani langsung para peserta yang mengajukan klaim di kantor cabang yang didatangi. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan komitmen Direksi BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh peserta.

Salah seorang peserta yang sedang melakukan pengurusan administrasi data berharap BPJS Ketenagakerjaan dapat lebih baik lagi dan jemput bola, datang ke perusahaan-perusahaan.

Pewarta: Erafzon SAS
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016