Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno meminta PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk menyediakan hingga 5.000 titik lokasi Pustaka Digital (PaDi) di 34 provinsi seluruh Indonesia.

"Telkom sebagai BUMN telekomunikasi harus mampu membangun 5.000 titik PaDi," kata Rini, di sela peluncuran BUMN Hadir Untuk Negeri Bagi Dunia Pendidikan Indonesia, di Jakarta, Selasa.

Acara tersebut juga hadir Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Anis Baswedan, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga, Direktur Utama Balai Pustaka Saiful Bahri.

Pustaka Digital ini merupakan sinergi BUMN. Telkom menyediakan "e-library" bagi buku digital Balai Pustaka dan penerbit lainnya ke dalam bentuk buku digital atau "e-book" secara gratis kepada seluruh lapisan masyarakat.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga mengatakan, Telkom sebelum ini telah memiliki platform komersial Qbaca yang merupakan e-book store atau toko buku digital yang di dalamnya terdapat bebagai pustaka dari berbagai penerbit.

Telkom berkomitmen hingga akhir tahun 2016 menyediakan 1.000 lokasi Pustaka Digital yang tersebar di Grapari Telkomsel, Wifi Corner dan Plasa Telkom. Saat ini telah tersedia di 34 provinsi di Indonesia sebanyak lebih dari 200 lokasi PaDi.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016