Tiket kereta api yang terjual habis selama libur panjang yakni kereta api kelas bisnis, eksekutif dan kelas ekonomi. Semua kereta api yang beroperasi di wilayah Daop IX Jember sudah penuh selama libur pekan ini,"
Jember (ANTARA News) - Tiket kereta api di wilayah Daerah Operasi IX Jember, Jawa Timur, terjual habis selama libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan hari libur Kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj.

"Tiket kereta api yang terjual habis selama libur panjang yakni kereta api kelas bisnis, eksekutif dan kelas ekonomi. Semua kereta api yang beroperasi di wilayah Daop IX Jember sudah penuh selama libur pekan ini," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IX, Krisbiantoro di Kabupaten Jember, Rabu.

Tiket kereta kelas bisnis dan eksekutif yakni KA Mutiara Timur siang dari Surabaya-Banyuwangi terjual habis untuk keberangkatan 5-6 Mei 2016, tiket KA Mutiara Timur malam terjual habis untuk keberangkatan 5 Mei 2016.

Kemudian tiket KA Logawa dari Purwokerto-Jember dan KA Sritanjung dari Yogyakarta-Banyuwangi terjual habis untuk keberangkatan sejak 5-8 Mei 2016, KA Tawangalun dari Malang menuju Banyuwangi juga tiketnya terjual habis untuk keberangkatan 5 Mei dan 8 Mei 2016, sedangkan KA Probowangi dari Surabaya-Banyuwangi habis untuk keberangkatan 5-6 Mei 2016.

Sedangkan dari arah sebaliknya atau arus balik libur akhir pekan tercatat tiket KA Mutiara Timur siang dari Banyuwangi-Surabaya habis untuk keberangkatan 8 Mei 2016, KA Mutiara Timur malam habis untuk keberangkatan 6-8 Mei 2016.

KA Logawa dari Jember-Purwokerto dan KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta terjual habis untuk keberangkatan 5-8 Mei 2016, sedangkan KA Tawangalun dari Banyuwangi tujuan Malang terjual habis untuk keberangkatan 5 dan 8 Mei 2016, dan KA Probowangi dengan tujuan Surabaya habis untuk keberangkatan 6-8 Mei 2016.

"Seluruh rangkaian kereta api di wilayah Daop IX sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan sudah terisi penuh sejak Kamis (5/5) hingga Minggu (8/5), bahkan untuk tujuan akhir di stasiun kereta yang bersangkutan," tuturnya.

Krisbiantoro mengatakan petugas KA sudah tidak bisa melayani pemesanan dan pembelian tiket secara langsung di sejumlah loket stasiun karena tiket kereta sudah terjual habis baik melalui pemesanan secara dalam jaringan (daring) maupun datang langsung ke stasiun jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

"Jumlah penumpang kereta api selama libur panjang akhir pekan ini tercatat sebanyak 29.483 orang dan kemungkinan jumlah tersebut dapat bertambah karena masih tersedia kursi untuk kereta kelas bisnis dan eksekutif," ujarnya.

Ia menjelaskan jumlah penumpang kereta api naik hingga 100 persen selama libur keagamaan yakni Hari Kenaikan Isa Almasih dan peringatan Isra Miraj karena banyak warga yang mmemanfaatkan libur panjang untuk silaturahmi dengan menggunakan moda transportasi kereta.

Sementara salah seorang penumpang kereta, M. Nurhadi mengaku sudah memesan tiket KA Logawa jauh-jauh hari, agar tidak kehabisan tiket untuk berlibur bersama keluarga ke Purwokerto.

"Saya sudah pesan tiket jauh-jauh hari karena libur panjang pekan ini ingin silaturahmi ke rumah saudara di Purwokerto dan tahun lalu sempat kehabisan tiket saat membeli langsung pada hari keberangkatan," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016