Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan pertemuan trilateral yang dilaksanakan di Yogyakarta, pada Kamis, menghasilkan empat pokok pembahasan yang disepakati Indonesia, Filipina dan Malaysia.

"Pertemuan pada hari ini menghasilkan deklarasi bersama yang intinya ada empat hal," ujarnya di Gedung Agung, Yogyakarta, Kamis.

Menurut Menlu Retno, tiga anggota ASEAN ini akan melakukan patroli laut secara terkoordinasi untuk bersama-sama menjaga keamanan kawasan.

Kemudian, lanjutnya, semua negara yang berpartisipasi dalam pertemuan itu juga telah sepakat untuk segera memberikan bantuan, ketika melihat kapal dalam keadaan terancam atau memerlukan pertolongan.

Selanjutnya, saling bertukar informasi juga menjadi kesepahaman bersama, yang nantinya akan diberikan kepada para intelijen negara guna menanggapi situasi darurat.

Indonesia, Filipina, dan Malaysia juga akan segera merancang saluran komunikasi khusus yang ditujukan untuk mempercepat komunikasi saat ada kondisi yang mengancam.

Selain Menlu RI, pertemuan trilateral ini dihadiri Menlu Malaysia Sri Anifah Haji Aman, Menlu Filipina Jose Rene Almendras, serta Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan pejabat militer dua negara lainnya.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016