Dana Pendidikan 11,2 % Mampu Bangun Jardiknas

Rabu, 14 Maret 2007 16:21 WIB | 3593 Views

Nusa Dua (ANTARA News) - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Bambang Sudibyo, menegaskan bahwa alokasi dana pendidikan senilai Rp42 triliun atau sekira 11,2 persen dari APBN 2006 telah mampu membangun Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas).

"Jardiknas menjadi jaringan terbesar di Nusantara dan pelanggan utama PT Telkom," katanya di sela-sela Konferensi Dewan Menteri Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara (South-East Asian Ministern of Education Organication/SEAMEO) di Nusa Dua, Bali Rabu.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), menurut dia, berhasil membangun Teknologi
Komunikasi dan Informasi (ICT) secara signifikan untuk sistem informasi pengawasan, sistem informasi barang milik negara, sistem keuangan dan sistem TV edukasi.

Jaringan pendidikan nasional ICT berhasil menjangkau seluruh kabupaten/kota di Tanah Air serta sistem informasi untuk pendidikan tinggi "INHERENT" pada 55 titik perguruan tinggi di Nusantara.

Bambang Sudibyo menambahkan, adanya fasilitas ICT akan mampu memperbaiki akses pendidikan yang bermutu, yang selama ini sulit diakses oleh mereka yang bermukim di kawasan terpencil.

"Adanya ICT, kualitas pendidikan diharapkan dapat diperbaiki, sekaligus menyempurnakan tata kelola mutu sekolah berbagai jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi," ujarnya menambahkan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka Konferensi SEAMEO tersebut sekaligus
meresmikan beroperasinya Jardiknas yang menjangkau seluruh kabupaten/kota pada 33 provinsi di Indonesia.

Mendiknas bersama Menteri Pendidikan Singapura, Tharman Shanmugaratnam, pada kesempatan itu mengadakan konferensi video dengan sejumlah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/kota, dan kalangan erguruan tinggi maupun sekolah di Indonesia. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Singkawang miliki sekolah alam

Singkawang miliki sekolah alamPemerintah Kota Singkawang, Kalbar, memiliki satu sekolah negeri yang mengembangkan metode pendidikan dengan berbasis ...

Menteri: Kuota polwan diharapkan minimal 30 persen

Menteri: Kuota polwan diharapkan minimal 30 persenMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar mengharapkan, kuota polisi wanita ...

Komisi IV bahas perkebunan

Komisi IV bahas perkebunanKomisi IV DPR RI akan memberikan kewenangan kepada Direktorat Jenderal Perkebunan untuk mengelola industri perkebunan ...