Dana Pendidikan 11,2 % Mampu Bangun Jardiknas

Rabu, 14 Maret 2007 16:21 WIB | 3594 Views

Nusa Dua (ANTARA News) - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Bambang Sudibyo, menegaskan bahwa alokasi dana pendidikan senilai Rp42 triliun atau sekira 11,2 persen dari APBN 2006 telah mampu membangun Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas).

"Jardiknas menjadi jaringan terbesar di Nusantara dan pelanggan utama PT Telkom," katanya di sela-sela Konferensi Dewan Menteri Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara (South-East Asian Ministern of Education Organication/SEAMEO) di Nusa Dua, Bali Rabu.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), menurut dia, berhasil membangun Teknologi
Komunikasi dan Informasi (ICT) secara signifikan untuk sistem informasi pengawasan, sistem informasi barang milik negara, sistem keuangan dan sistem TV edukasi.

Jaringan pendidikan nasional ICT berhasil menjangkau seluruh kabupaten/kota di Tanah Air serta sistem informasi untuk pendidikan tinggi "INHERENT" pada 55 titik perguruan tinggi di Nusantara.

Bambang Sudibyo menambahkan, adanya fasilitas ICT akan mampu memperbaiki akses pendidikan yang bermutu, yang selama ini sulit diakses oleh mereka yang bermukim di kawasan terpencil.

"Adanya ICT, kualitas pendidikan diharapkan dapat diperbaiki, sekaligus menyempurnakan tata kelola mutu sekolah berbagai jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi," ujarnya menambahkan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka Konferensi SEAMEO tersebut sekaligus
meresmikan beroperasinya Jardiknas yang menjangkau seluruh kabupaten/kota pada 33 provinsi di Indonesia.

Mendiknas bersama Menteri Pendidikan Singapura, Tharman Shanmugaratnam, pada kesempatan itu mengadakan konferensi video dengan sejumlah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/kota, dan kalangan erguruan tinggi maupun sekolah di Indonesia. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Malaysia pulangkan 97 TKI bermasalah via Nunukan

Malaysia pulangkan 97 TKI bermasalah via NunukanPemerintah Kerajaan Malaysia memulangkan 97 tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, ...

PDIP desak KPU perbaiki kinerja hadapi pilpres Juli 2014

PDIP desak KPU perbaiki kinerja hadapi pilpres Juli 2014Pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Biak Numfor, Papua, berharap Komisi Pemilihan Umum ...

17 CCTV dipasang untuk pantau kamtibmas

17 CCTV dipasang untuk pantau kamtibmasPolres Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan memasang 17 Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik di ...