Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kemacetan yang cukup parah pada musim libur Kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj, Kamis.

Kendaraan yang melintas dari arah Jakarta dan sekitarnya menuju Cikampek itu mengalami lonjakan sampai terjadi kemacetan yang cukup panjang di wilayah Karawang.

Padatnya arus lalu lintas hingga mengakibatkan kemacetan itu juga dipicu aktivitas keluar-masuk kendaraan di sekitar rest area sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Catatan Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek, pada Kamis pagi, petugas memberlakukan "contra flow" atau lawan arah di sejumlah titik. Di antaranya di titik jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Kilometer 32 sampai Kilometer 41.

Selanjutnya pada sore hari, diberlakukan pula "contra flow" di titik lainnya, yakni mulai dari Kilometer 52 hingga Kilometer 61.

Petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memberlakukan contraflow di sejumlah titik, karena kemacetan di jalan tol tersebut sudah cukup parah. Contra flow itu juga diberlakukan untuk mengurai kemacetan.

Sementara itu, meski terjadi kemacetan panjang di jalan Tol Jakarta-Cikampek wilayah Karawang, tetapi kondisi gerbang keluar Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta cukup lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di gerbang keluar Tol Cikampek.

Kepala Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto menyatakan, pada musim libur panjang kali ini terjadi peningkatan kendaraan yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga 40 persen.

"Volume kendaraan meningkat menjadi 108.947 dari prediksi semula 106.594 kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016